Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Benarkah Kacamata Blue Light Filter Mengatasi Mata Lelah?

Benarkah Kacamata Blue Light Filter Mengatasi Mata Lelah?
 
Di era millenial ini, sebagian besar orang-orang sudah menggunakan fasilitas digital untuk bekerja. Lebih dari setengah harinya mungkin akan menghabiskan waktu di depan layar digital, contohnya tablet, laptop, komputer, dan smartphone. Kondisi ini kerap kali menimbulkan kekhawatiran karena menyebabkan mata jadi mudah lelah. Inilah mengapa orang-orang tertarik menggunakan kacamata blue light filter untuk mengurangi kelelahan mata akibat terlalu lama di depan layar.
 
Kacamata blue light filter, apakah itu?
Kacamata blue light filter memiliki filter di bagian lensanya yang dapat menghalangi, memblokir, atau memantulkan cahaya biru. Cahaya ini bisa dihasilkan dari barang-barang elektronik, seperti bola lampu, layar laptop,smartphone, dan sejenisnya. Sinar biru yang paling besar dihasilkan oleh matahari. Adapun panjang gelombang cahaya biru kira-kira 400 – 500 nanometer (nm).
 
Jika Anda menggunakan kacamata ini saat melihat layar, maka dapat membantu mengurangi paparan cahaya biru yang dianggap dapat merusak kesehatan mata. Kacamata blue light filter juga diklaim dapat membantu mengurangi ketegangan pada mata Anda. Alhasil, banyak orang menggunakannya di siang hari saat bekerja di depan layar komputer, dan di malam hari untuk membuat Anda tetap terjaga.
 
Perlu Anda ketahui, bahwa cahaya biru yang dihasilkan selain dari matahari sebenarnya sangat lemah. Namun, sebagian besar orang menghabiskan waktunya di depan layar digital, sehingga tingkat paparan yang lemah ini pun kian membesar.
 
Apa saja manfaatnya?
Produsen mengklaim manfaat kacamata blue light filter dapat mencegah paparan cahaya biru yang merusak mata. Sayangnya, menurut beberapa ahli, tingkat eksposur cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat sebenarnya tidak berbahaya, bahkan meskipun terpapar lama. Sebuah tinjauan tahun 2017 menunjukkan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mendukung potensi manfaat kacamata sinar biru ini. Banyak klaim tentang manfaatnya yang tidak terbukti secara ilmiah.
 
Di sisi lain, sebuah studi kecil pada tahun 2019 telah menunjukkan bahwa kacamata blue light filter mungkin bermanfaat untuk mengobati gangguan tidur pada orang yang mengalami penyakit Parkinson. Meskipun begitu, penelitian lain tetap menyarankan untuk menghindari penggunaan perangkat apapun itu jenisnya sebelum tidur.
Produsen juga mengklaim manfaat kacamata blue light filter dapat membantu mengurangi sakit kepala, ketegangan mata, dan meningkatkan sekresi melatonin untuk mengurangi gejala dari paparan sinar biru. Namun, para peneliti belum dapat memastikan apakah dengan memblokir cahaya biru atau tidak, bisa mengurangi gejala mata setelah terpapar layar digital dalam waktu lama.
 
Alih-alih menyalahkan cahaya biru, orang mungkin mengalami gejala mata karena terlalu banyak menggunakan teknologi. Hal ini didukung oleh American Academy of Ophthalmology yang menjelaskan bahwa jumlah radiasi yang berasal dari komputer tidak pernah terbukti menyebabkan penyakit mata. Justru, beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak terkena paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan risiko penyakit mata, termasuk katarak dan kanker.
 
Tips mengurangi ketegangan mata saat di depan layar
Berlama-lama di depan layar digital memang kerap membuat mata Anda mata tegang dan kering, karena kurang berkedip saat menatap layar komputer. Efek ini bisa muncul akibat cara seseorang yang tidak tepat dalam menggunakangadget, bukan karena cahaya biru yang dihasilkan layar.
 
Beberapa tips di bawah ini dapat melindungi mata Anda dari ketegangan saat bekerja dengan komputer sepanjang hari, yaitu:
  • Perhatikan jarak duduk dari layar komputer, usahakan berjarak 25 inci (sepanjang lengan) dan posisikan layar sedikit ke bawah.
  • Gunakan filter layar matte jika diperlukan.
  • Tetap beristirahat secara teratur menggunakan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, alihkan mata Anda untuk melihat objek minimal sejauh 20 kaki selama 20 detik.
  • Gunakan air mata buatan untuk menyegarkan mata Anda yang kering.
  • Sesuaikan pencahayaan ruangan dan tingkatkan kontras pada layar digital Anda.
  • Jika Anda menggunakan lensa kontak, maka istirahatkan mata dengan memakai kacamata.
 
Umumnya, gejala mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer bersifat sementara dan akan mereda setelah Anda berhenti menggunakannya. Karena belum cukup bukti tentang manfaat kacamata blue light filter, maka sebaiknya Anda melakukan tips di atas untuk membantu mengurangi ketegangan pada mata. Selain itu, ada baiknya Anda menjalani pemeriksaan mata dasar ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan mata Anda secara berkala.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 13 November 20 - 09:45 WIB
Dalam Kategori : KACAMATA BLUE LIGHT FILTER
Dibaca sebanyak : 36 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback