Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Begini Perawatan Luka Besar Setelah Operasi, Waspada Infeksi!

Begini Perawatan Luka Besar Setelah Operasi, Waspada Infeksi!
Luka besar pasca operasi penting untuk Anda rawat agar bebas dari infeksi. Umumnya, luka bedah berupa sayatan pada kulit akibat pisau bedah yang digunakan saat operasi. Tidak hanya itu, luka bedah juga bisa terjadi akibat drainase yang dilakukan selama pembedahan. Luka ini biasanya dijahit, tetapi terkadang, dokter membiarkannya terbuka untuk cepat sembuh. Lalu, seperti apa perawatan luka besar setelah Anda menjalani operasi? 
 
Mengenal luka bedah
Secara umum, luka bedah dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu dari empat kategori, berdasarkan seberapa terkontaminasi luka, risiko infeksi, dan letaknya di tubuh Anda.
  • Kelas I: luka bersih, tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi atau peradangan, dan biasanya melibatkan mata, kulit, atau sistem pembuluh darah.
  • Kelas II: luka bersih, tetapi berisiko tinggi mengalami infeksi meskipun mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Misalnya, luka operasi saluran pencernaan yang berisiko tinggi terinfeksi.
  • Kelas III: luka bedah yang terkontaminasi dengan benda luar berisiko infeksi yang tinggi. Misalnya, luka tembak.
  • Kelas IV: luka yang terkontaminasi kotor, termasuk luka yang terkena kotoran.
Penyebab
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, luka bedah terjadi saat ahli bedah membuat sayatan dengan alat bedah, seperti pisau bedah. Ini bisa terjadi pada berbagai macam kondisi medis yang memerlukan pembedahan dan ukurannya bergantung pada jenis operasi dan lokasinya di tubuh.
 
Faktor risiko
Setiap prosedur operasi pasti akan membuat luka bedah. Peluang terjadinya infeksi setelah operasi sekitar 1 – 3%. Beberapa orang yang berisiko tinggi mengalami luka bedah infeksi pasca operasi adalah:
  • Mengalami kondisi medis, seperti diabetes atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Perokok.
  • Orang dewasa tua.
  • Kelebihan berat badan. 
  • Pembedahan darurat, pembedahan perut, dan pembedahan selama lebih dari dua jam.
Tanda-tanda luka bedah mengalami infeksi
Menurut CDC, infeksi biasanya hanya menyerang kulit, jaringan di bawah kulit, atau implan. Biasanya, infeksi pada luka bedah dapat terjadi dalam waktu 30 hari setelah operasi. Adapun tanda-tanda luka bedah mengalami infeksi adalah:
  • Rasa sakit yang semakin bertambah dan area di sekitar luka jadi kemerahan.
  • Proses penyembuhan melambat.
  • Luka bernanah.
  • Tercium bau busuk atau drainase dari luka.
  • Dalam beberapa kasus, luka bedah yang terinfeksi bisa terlihat kering atau lebih dalam.
  • Demam.
Seperti apa perawatan luka besar pasca operasi?
Jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi pada luka bedah, segeralah temui dokter Anda untuk ditangani dengan tepat. Dokter Anda dapat mendiagnosis infeksi luka bedah dengan memeriksa luka, menilai gejala, atau mengambil kultur cairan (seperti nanah) yang dikeluarkan dari luka.
 
Perawatan luka besar pasca pembedahan yang mengalami infeksi ini terkadang bergantung pada lokasi luka di tubuh Anda. Beberapa cara merawat luka besar yang terinfeksi adalah mengganti perban secara teratur, membersihkan kulit di sekitar luka dengan antiseptik atau air garam. Untuk mengobati infeksinya, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antibiotik juga.
 
Perawatan di rumah
Perawatan luka besar di rumah hampir mirip dengan prosedur yang dilakukan oleh dokter, terutama penggantian perban dan pembersihan lukanya. Anda bisa juga mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk mengurangi ketidaknyamanan. Pasien sering kali keluar dari rumah sakit sebelum luka bedahnya sembuh total. Jadi, penting sekali melakukan perawatan luka besar ini di rumah. Jika Anda mengikuti petunjuknya dengan benar, dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi.
 
Umumnya, pemulihan luka dapat berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Jangan lupa diskusikan dengan dokter bedah Anda kapan Anda bisa kembali bekerja, berolahraga, dan melakukan rutinitas harian Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 31 Desember 20 - 09:43 WIB
Dalam Kategori : BEKAS LUKA, PERAWATAN LUKA
Dibaca sebanyak : 71 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback