Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Beberapa Alasan Tidur Berdua Penting Bagi Hubungan Anda

Beberapa Alasan Tidur Berdua Penting Bagi Hubungan Anda
 
 
Tidur sangat penting untuk kesehatan Anda seperti halnya makanan, air, dan udara. Jika Anda tidur berdua, menurut para ahli hal itu bahkan dapat meningkatkan kesejahteraan Anda.
 
Tidur adalah perilaku kesehatan yang sangat penting terkait dengan penyakit jantung dan kesejahteraan kejiwaan atau mental. Penelitian juga menemukan bahwa wanita dalam hubungan jangka panjang tertidur lebih cepat dan lebih jarang bangun di malam hari jika dibandingkan dengan wanita lajang. Salah satu penyebabnya adalah rasa aman dan nyaman yang menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan oksitosin, hormon cinta.
 
Selain manfaat kesehatan, hal ini juga bagus untuk hubungan ketika pasangan tidur berdua setiap hari. Berikut beberapa manfaat untuk tidur berdua dengan orang yang Anda cintai:
 
  • Tidur lebih nyenyak
Pernahkah Anda bertanya-tanya "Mengapa saya bisa tidur lebih nyenyak dengan pasangan saya?" Ternyata tidur berdua akan membuat Anda lebih mungkin mengalami tidur restoratif, yang sangat penting untuk kesehatan otak.
 
  • Menurunkan tekanan darah
Manfaat besar tidur di samping seseorang yang Anda cintai adalah hal itu dapat membantu Anda hidup lebih lama. Hal ini karena dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa.
 
  • Anda tersinkronisasi dengan pasangan
Pasangan yang tidur pada waktu yang sama (dan kemungkinan besar bangun pada waktu yang sama) memiliki jam tubuh yang disetel dengan baik. Mereka menjadi pengatur waktu sosial satu sama lain. Menurut sebuah penelitian, sinkronisitas ini dapat menunjukkan seberapa besar kepuasan pasangan dalam hubungan mereka.
 
  • Tidur berdua meningkatkan hubungan Anda
Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang menjaga jarak tidur 2,5 cm dari satu sama lain, yang berarti mereka telah berpelukan atau berbaring di tempat tidur dekat dan erat, umumnya memiliki hubungan yang baik. Kedekatan di tempat tidur dan hubungan saling terkait; semakin dekat pasangan tersebut menghabiskan malam bersama, semakin kuat hubungan mereka. Karena kontak kulit-ke-kulit membantu Anda membangun keterikatan dengan pasangan Anda.
 
  • Menurunkan penuaan
Ahli saraf Skotlandia David Weeks mengungkapkan bahwa tidur berdua dengan seseorang yang Anda cintai dan memiliki waktu berpelukan dan bercinta yang berkualitas dapat membuat Anda terlihat 10 tahun lebih muda. Selain itu, ketika Anda mengalami tingkat stres yang lebih rendah, tubuh Anda secara alami terasa jauh lebih muda.
 
  • Mempromosikan kondisi tidur yang ideal
Suhu tubuh Anda mulai turun saat Anda tidur. Saat tubuh Anda terasa lebih dingin, kehangatan orang yang tidur di sebelah Anda dapat membantu Anda tetap nyaman. Menurut National Sleep Foundation, berbagi selimut dengan seseorang di tempat tidur bisa menjadi sangat hangat. 
 
  • Mengurangi inflamasi tubuh
Meskipun tingkat stres menurun saat Anda tidur dengan orang yang Anda cintai, tingkat sitokin dalam tubuh Anda juga berkurang. Sitokin menyebabkan peradangan dan nyeri tubuh. Karenanya, tidur berdua dapat meredakan masalah fisik ini. 
 
Penelitian telah menunjukkan pola tidur pasangan kemungkinan saling bergantung karena perilaku waktu tidur yang serupa dan pola gerakan yang terkait dengan kehadiran fisik orang lain di tempat tidur.
 
Memilih untuk tidak tidur berdua bisa berarti kehilangan manfaat emosional dan fisik yang signifikan. Bagi banyak pasangan, waktu tidur adalah satu-satunya kesempatan untuk saling berbagi sebelum kelelahan menguasai. Tidur pada waktu yang sama dan tidur bersama menyediakan lingkungan yang rileks agar komunikasi tetap terjadi di antara pasangan.
 


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 29 Oktober 20 - 20:11 WIB
Dalam Kategori : TIDUR BERDUA
Dibaca sebanyak : 97 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback