Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Beberapa Alasan Medis Menjalani Operasi Selaput Dara

Beberapa Alasan Medis Menjalani Operasi Selaput Dara

Operasi selaput dara, hymenoplasty atau hymenorrhaphy adalah perbaikan kosmetik, restorasi, atau konstruksi selaput dara wanita. Operasi selaput dara juga disebut sebagai revirginization.


Selaput dara adalah selaput dekat lubang vagina. Ketika terbentuk secara normal, ia tipis dan dapat dengan mudah "dihancurkan".  Dalam kebanyakan kasus, pembukaan secara alami akan dilakukan pada selaput dara Anda, melalui salah satu dari beberapa kegiatan normal dalam kehidupan. Misalnya menggunakan tampon, masturbasi, dan hubungan intim vagina adalah cara yang paling sering dilakukan selaput dara. Dalam kasus lain, aktivitas fisik intensitas tinggi seperti olahraga atau atletik dapat berkontribusi untuk memecahkan selaput dara.


Hymenoplasty atau operasi selaput dara adalah perbaikan kosmetik untuk wanita yang mungkin ingin memperbaiki atau rekonstruksi selaput dara Anda. Alasan untuk melakukan prosedur ini beragam, baik secara fisik, psikologis sampai medis. Berikut beberapa alasan melakukan operasi selaput dara:

  • Mengambil kontrol kembali

Dalam kasus pelecehan seksual, seorang wanita dapat dimengerti dibiarkan dengan masalah psikologis traumatis. Operasi selaput dara memberikan kesempatan untuk merekonstruksi selaput dara seperti sebelumnya. Hymenoplasty mungkin tidak hanya menawarkan pemulihan fisik yang dicari, tetapi juga dapat memberikan kenyamanan dan penyembuhan secara psikologis.

  • Mengubur masa lalu

Keingintahuan seksual dan eksperimen adalah bagian alami dari proses pertumbuhan, terutama selama masa remaja ketika perubahan hormon dan lonjakan terjadi. Tekanan sosial mungkin sering memaksa seseorang untuk menyerah pada aktivitas seksual sebelum Anda siap secara mental untuk dampak emosional yang terkait dengan keintiman fisik tersebut. Revirginization atau operasi selaput dara secara psikologis memungkinkan untuk memutar balik waktu dan memulai dari awal.

  • Keyakinan budaya

Karena keberadaan selaput dara yang utuh masih penting dalam banyak budaya, seorang wanita mungkin ingin memberikan indikasi kemurnian ini kepada pasangannya untuk pernikahan yang akan datang.

  • Hadiah

Banyak wanita yang sudah aktif secara seksual mungkin ingin memberi pasangan mereka pengalaman perawan, apakah itu sebagai kejutan, untuk acara khusus, atau pada malam pernikahan mereka.

  • Pecah atau sobek yang tidak disengaja

Bagi sebagian wanita, penetrasi selaput dara melalui naik sepeda atau menunggang kuda, tergelincir di atas es, atau penyisipan tampon sama sekali tidak dapat diterima dan mereka memilih operasi selaput dara untuk mengembalikan selaput dara yang rusak tanpa disengaja.

  • Selaput dara imperforata

Hal ini adalah kondisi di mana seluruh lubang vagina tertutupi oleh selaput dara. Kondisi ini biasanya tidak ditemukan sampai seorang gadis muda memasuki masa pubertas dan aliran haidnya terhambat. Prosedur hymenoplastik untuk memperbaikinya disebut hymenotomi, dan lubang kecil dibuat di membran untuk memungkinkan aliran darah.

  • Selaput dara septate

Jaringan selaput dara terbagi menjadi sesuatu yang tampak seperti pita tali. Mereka menyerupai amandel yang terhubung di kedua ujungnya, dan dapat menghambat penggunaan tampon atau penetrasi penis.  Kondisi ini juga dikoreksi dengan hymenotomi. Selaput dara septate juga bisa merujuk pada selaput dara yang sangat tebal atau kaku, seperti selaput romantis dan mungkin memerlukan penetrasi bedah.


Operasi selaput dara atau hymenoplasty dianggap sebagai prosedur bedah kecil, namun setiap operasi selalu disertai dengan resiko. Tim perawatan kesehatan Anda biasanya akan membahas resiko-resiko ini bersama Anda sebelum Anda menjalani prosedur. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tidak memahami risikonya, pastikan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi kekhawatiran yang mungkin Anda miliki.


Sebelum operasi dimulai, Anda akan menerima anestesi, sedasi, dan bentuk obat lain. Tim perawatan kesehatan Anda kemungkinan akan bertanya tentang obat yang Anda gunakan, bahkan vitamin atau suplemen, untuk memastikan operasi selaput dara tidak akan terpengaruh oleh obat yang Anda butuhkan untuk operasi.


Jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain, terutama yang mempengaruhi bagaimana tubuh Anda mengeluarkan darah, Anda mungkin perlu mengambil tindakan pencegahan lain sebelum operasi.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 23 Juni 20 - 08:42 WIB
Dalam Kategori : OPERASI SELAPUT DARA
Dibaca sebanyak : 184 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback