Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Bantuan yang Bisa Diberikan untuk Penderita Amnesia Anterograde

Bantuan yang Bisa Diberikan untuk Penderita Amnesia Anterograde
Apa jadinya jika hidup tanpa memiliki ingatan? Pasti akan merasa kesepian, kebingungan, dan bisa berakhir pada depresi. Hal itu dirasakan pada mereka yang memiliki gangguan memori, salah satunya amnesia.
Mereka yang mengalami amnesia anterograde tidak mampu mengingat kejadian yang baru saja terjadi. Tapi dia bisa dengan jelas mengingat kenangan dahulu kala. Kondisi ini bisa terjadi untuk sementara, tapi pada banyak kasus bisa permanen. Mereka bisa mengalami kesulitan dalam segala aspek karena ketidakmampuan mereka membentuk ingatan baru.
Apa itu amnesia anterograde?
Amnesia anterograde yang disebut juga dengan amnesia proaktif merupakan salah satu gangguan memori yang disebabkan oleh kerusakan sel otak akibat penyakit atau cedera kepala. Ini menyebabkan seseorang tidak mampu mengingat informasi yang mereka terima setelah cedera. Misalnya, topik yang baru saja dibicarakan.
Namun bukan berarti pasien amnesia tidak bisa berkegiatan. Meski lupa ingatan, tubuhnya masih mengingat kemampuan fisiknya dalam menggunakan alat, misalnya makan menggunakan sendok, berenang, dan bermain piano.
Mereka juga masih bisa mengigat kejadian lampau yang terjadi jauh sebelum terjadinya pemicu amnesia. Sebaliknya, jika seseorang tidak bisa mengingat kejadian sebelum kecelakaan maka disebut dengan amnesia retrograde.
Perawatan untuk amnesia
Tidak ada obat yang bisa mengembalikan ingatan, tapi ada beberapa perawatan yang bisa membantu mereka mendapatkan kembali memorinya.
  • Eye Movement Desensitization and Reprocessing (EMDR)
Metode ini dapat mendukung integreasi kedua belah otak untuk membantu mengigat suatu peristiwa.
  • Hipnosis
Hipnosis merupakan salah satu perawatan yang kerap digunakan untuk membantu memulihkan kondisi pasien amnesia anterograde. Metode ini memungkinkan pasien mendapatkan kembali ingatan yang hilang.
  • Neurofeedback
Neurofeedback membantu mengatur fungsi otak sekaligus memulihkan dan membuat koneksi saraf baru.
  • Terapi kognitif
Metode ini termasuk salah satu cara paling ampuh dalam mengakses ingatan yang hilang. Fokus dari terapi ini adalah meningkatkan pikiran, fungsi eksekutif otak, manajemen waktu, dan pengambilan keputusan.
 
 
  • Terapi okupasi
Terapi okupasi dirancang untuk menilai potensi komplikasi terkait dengan fungsi otak. Metode ini membantu mengintegrasikan tubuh dengan sel otak.
  • Suara bilateral
Metode ini digunakan untuk membantu gelombang otak menjadi lebih bebas dan teratur, menyeimbangkan kedua sisi otak, serta menghilangkan stres dan kecemasan pada pasien.
  • Intervensi teknologi
Kini ada banyak aplikasi pengingat untuk membantu pasien amnesia. Anda juga bisa mengunduh aplikasi jurnal di gadget Anda untuk menulis segala kejadian yang terjadi pada hari itu.
  • Meningkatkan asupan nutrisi
Makanan yang Anda makan mempengaruhi ketajaman memori. Hindari alkohol dan makanan tinggi gula agar tidak semakin membebani kinerja otak Anda. Sebagai gantinya, makanlah lebih banyak protein, terutama makanan kaya akan omega-3.
Tips merawat seseorang dengan masalah memori
Jika anggota keluarga atau sahabat Anda mengalami gangguan memori, Anda bisa membantunya dengan menjaga kepercayaan diri serta mendukung kemandiriannya. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:
  • Bersikaplah fleksibel dan sabar dalam membantu orang tersebut ketika mencoba mengingat apa yang dia bisa.
  • Permudah untuk mengakses informasi, misalnya sampaikan informasi dengan bahasa yang mudah dipahami dan ulangi sesering mungkin.
  • Berikan isyarat verbal daripada mengajukan pertanyaan. Daripada menanyakan apakah dia mengingatnya, lebih baik menjelaskannya. Misalnya, “Ini Putri, teman SMA kamu”, bukan “Ini Putri, kamu ingat gak dia siapa?”
  • Buat jadwal rutinitas dan bantu mereka menjalankannya dengan menyesuaikan rutinitas yang telah ditetapkan. Dia akan terbiasa melakukan suatu kegiatan pada jam tertentu.
  • Tuliskan informasi penting yang bisa membantunya beraktivitas.
Catatan
Merawat seseorang dengan masalah memori seperti amnesia anterograde bisa membuat Anda frustasi. Anda bisa meminta bantuan orang lain agar Anda tidak terbebani serta menjaga kondisi mental Anda tetap stabil, bisa keluarga atau teman.
Tergabung dengan komunitas pendamping amnesia juga bisa membantu untuk mendapatkan dukungan dari sesama pendamping. Jika Anda tidak sanggup, Anda bisa meminta pertolongan tenaga kesehatan profesional seperti psikolog.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 29 Januari 21 - 09:45 WIB
Dibaca sebanyak : 155 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback