Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Bahaya Vertigo Membahayakan Kesehatan Jika Tidak Segera Diatasi

Bahaya Vertigo Membahayakan Kesehatan Jika Tidak Segera Diatasi
 
Jika Anda mendengar vertigo, mungkin Anda akan mengaitkan vertigo dengan nama penyakit. Dugaan Anda tersebut perlu untuk diluruskan. Pasalnya, vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala. Walau memang terdengar biasa dan seringkali terjadi, bahaya vertigo dapat menimbulkan risiko kesehatan yang berdampak buruk bagi kesehatan Anda.
 
Sensasi sakit akibat vertigo serupa dengan perasaan pusing setelah Anda memutarkan badan sekencang-kencangnya dan berhenti secara tiba-tiba ketika Anda kecil dulu. Perasaan tersebut mengakibatkan Anda kehilangan keseimbangan tubuh, karena Anda merasa sekitar Anda seperti berputar. Orang awam akan mengaitkan vertigo dengan perasaan ingin jatuh akibat hilangnya keseimbangan, kliyengan, dan pusing berat.
 
Gejala vertigo tersebut timbul akibat adanya gangguan pada pusat keseimbangan pada telinga bagian dalam atau otak, tepatnya di batang otak dan otak kecil. Kondisi ini dialami oleh sekitar 20-30% dari keseluruhan populasi. Meskipun begitu, bahaya vertigo tidak boleh disepelekan, karena dapat memicu gangguan kesehatan lain.
 
Mengapa seseorang dapat mengalami vertigo? Apa penyebab vertigo sebenarnya?
Sebelum membahas tentang bahaya vertigo, ada baiknya Anda mengetahui penyebab vertigo terlebih dulu.
 
Jika dilihat dari faktor penyebabnya, vertigo dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Gejala vertigo perifer ini terjadi akibat adanya gangguan pada organ keseimbangan yang terletak pada telinga (kanalis semisirkularis). Sementara itu, vertigo sentral terjadi, karena adanya gangguan pada otak (tipe sentral) yang menyebabkan rasa sakit lebih lama dan lebih berat dibanding dengan vertigo perifer.
 
Vertigo perifer menimbulkan kondisi berupa telinga berdenging, bahkan hingga kehilangan pendengaran (terutama dalam kasus Meniere), kondisi mual dan muntah, serta rasa sakit di kepala yang muncul tiba-tiba. Jenis vertigo ini paling umum dialami. Sedangkan, vertigo sentral ditandai dengan kondisi kesulitan menyeimbangkan tubuh, dan bahkan kesulitan ketika akan bangun dari posisi berbaring maupun berjalan.
 
Seberapa serius bahaya vertigo yang mungkin muncul?
Perlu diketahui, bahaya vertigo tidak hanya berkaitan dengan gejala yang menyertainya, namun juga akibat dari penyakit yang menimbulkan gejala vertigo itu sendiri.
 
Bahaya vertigo yang seringkali membahayakan penderitanya, yaitu:
 
  • Mengalami gangguan penglihatan.
  • Menderita kehilangan pendengaran, khususnya dalam kasus penyakit Meniere yang menjadi salah satu penyebab munculnya vertigo perifer.
  • Merasakan mual dan muntah. Kondisi ini perlu untuk diimbangi dengan asupan cairan, sehingga tubuh tidak dehidrasi.
  • Penurunan kualitas hidup akibat terhambatnya aktivitas dan kegiatan sehari-hari, termasuk gangguan emosi, konsentrasi, dan stres.
Di sisi lain, bahaya vertigo sentral juga dapat ditandai dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu, antara lain:
 
  • Mengalami nistagmus vertikal atau kondisi yang mana gerakan mata lambatke satu arah, namun diikuti dengan gerakan cepat ke arah sebaliknya. Kondisi ini tidak dapat dikontrol dan terjadi tanpa disadari oleh penderita.
  • Munculnya gejala neurologis lainnya, seperti bicara pelo, kesulitan menelan, salah satu badan terasa lemas, dan lainnya.
  • Penurunan atau bahkan kehilangan kesadaran.
 
Vertigo sentral dalam kasus tertentu juga disertai dengan risiko yang membahayakan kesehatan, seperti kebiasaan merokok, mengalami diabetes mellitus, tekanan darah tinggi (hipertensi), riwayat stroke, dan kelainan irama jantung.
 
 
 
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 22 Juli 20 - 17:08 WIB
Dalam Kategori : BAHAYA VERTIGO
Dibaca sebanyak : 100 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback