Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Bahaya Tidur Tengkurap, Mulai dari Susah Bernapas hingga Nyeri Tulang Belakang

Ketika ingin tidur, tidak jarang kita menghabiskan waktu untuk mencari posisi tidur yang nyaman. Bagi beberapa orang, posisi tidur tengkurap dapat menjadi posisi paling nyaman untuk terlelap. Posisi tengkurap ini juga banyak dilakukan ketika membaca maupun menonton TV.
 
Jika diteliti dari segi kesehatan, posisi tidur tengkurap ini dapat membahayakan, terlebih jika dilakukan dalam waktu yang lama. Apa saja bahaya tidur tengkurap ini? Mari simak penjelasannya berikut!
 
  1. Nyeri pada tulang belakang
 
Posisi tengkurap membuat tulang belakang menjadi tegang, karena posisi tidur ini dapat mengubah lengkungan alami tulang belakang. Tulang belakang kemudian akan merasa kaku dan menegang, belum lagi akan terasa nyeri jika menahan beban yang tidak seimbang pada bagian tengah tubuh.
 
Tidak hanya tulang belakang yang akan merasa nyeri, saraf-saraf tubuh di dalamnya juga akan terpengaruh. Bisa-bisa Anda akan merasakan kesemutan atau mati rasa ketika terbangun dari tidur.
 
  1. Nyeri dan kaku pada leher
 
Umumnya, ketika seseorang tidur dengan posisi tengkurap, ia akan memalingkan kepala ke bagian kiri atau kanan agar dapat bernapas. Hal ini akan menyebabkan tulang leher dan tulang belakang Anda tidak sejajar.
 
Leher akan menahan tekanan kuat sehingga ia menegang dan memicu rasa nyeri serta kaku. Masalah ini akan semakin parah, karena ada kemungkinan sendiri leher bergeser seiring berjalannya waktu.
 
  1. Perasaan tidak nyaman pada perut
 
Posisi tidur tengkurap akan membuat perut tertekan dan merasa terbebani. Posisi tidur ini juga memberi tekanan berlebih pada organ di dalamnya, terutama jantung dan paru-paru. Ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap, setidaknya Anda perlu mengeluarkan 25% energi lebih banyak.
 
  1. Menimbulkan masalah pernapasan
 
Jelas bahwa posisi tengkurap menyebabkan perut merasa tertekan. Tidak hanya perut, otot pernapasan pun ikut terpengaruh, sehingga Anda rentan mengalami kesulitan pernapasan. Pergerakan tulang rusuk dan diafragma pun menjadi terbatas, karena posisi tidur tengkurap ini.
 
Ketika terbangun di pagi hari, alih-alih merasa segar, Anda akan merasa tidak nyaman dan mengalami rasa sakit di berbagai bagian tubuh. Oleh karena itu, posisi tidur tengkurap tidak direkomendasikan.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 06 Mei 20 - 15:37 WIB
Dalam Kategori : TIDUR, TENGKURAP
Dibaca sebanyak : 39 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback