Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Bahan-Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Herbal Muntah Darah

Bahan-Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Herbal Muntah Darah

Ketika mengalami muntah darah, mungkin Anda akan panik dan langsung bertanya-tanya, apakah yang sebenarnya tengah terjadi pada diri Anda. Itu hal yang wajar, pasalnya muntah darah memang terlihat menyeramkan. Namun, Anda setidaknya harus tahu dengan pasti, apa yang menyebabkan muntah darah. Tujuannya tak lain agar Anda mampu mengambil langkah yang tepat untuk menanganinya.

Muntah darah (hematemesis) sendiri adalah suatu kondisi di mana seseorang memuntahkan darah atau sesuatu yang disertai dengan darah. Ada banyak penyebab atau latar belakang dari fenomena muntah darah. Namun, secara garis besar, muntah darah dibagi ke dalam dua bagian berdasarkan dampaknya; pertama adalah muntah darah yang tergolong bahaya, kedua yang tidak berbahaya.

Untuk mengetahui kondisi Anda pasca-muntah darah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis. Tujuannya agar didapatkan informasi yang akurat. Di dokter, biasanya akan dilakukan endoskopi (pemeriksaan untuk melihat kelainan pada saluran cerna bagian atas), tes darah, dan tes lanjutan dengan bantuan alat radiologi seperti CT scan, USG, MRI, atau Sinar-X.

Nah, ketika Anda sudah mengetahui penyebabnya, mungkin dari situ sudah bisa menentukan jalan apa yang akan Anda ambil. Selain penanganan dengan bantuan medis, muntah darah juga bisa diatasi dengan bantuan bahan-bahan alami.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai bahan-bahan herbal untuk atasi muntah darah itu, berikut paparannya:

  • Daun Sambang Darah

Tanaman sambang darah (Excoecaria cochinchinensis) merupakan tanaman perdu yang sebenarnya dikenal beracun, tetapi juga lazim digunakan untuk pengobatan.

Komponen racunnya terdapat pada getah bening di dalamnya, namun relatif lemah. Biasanya digunakan untuk menangkap ikan secara tradisional. Meski demikian, daun sambang darah baik untuk mengatasi perdarahan.

Ini dijelaskan dalam buku Medicinal Plants in Australia Volume 3: Plants, Potions and Poisons karangan Cheryll Williams. Daun sambang darah ini berkhasiat membantu mempercepat menutupnya luka serta menghentikan perdarahan. Atas dasar itulah tanaman ini diyakini mampu mengatasi muntah darah. 

Adapun cara memanfaatkan cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan 10 lembar daun sambang darah untuk mendapatkan segelas minuman herbal ini. Sebelum diolah, pastikan daun telah terlebih dahulu dicuci bersih. Kemudian tumbuk daun hingga hancur untuk selanjutnya masuk ke proses perebusan. Minum rebusan daun sambang merah dua kali pada pagi dan sore hari.

  • Bunga Waru Landak

Masuk dalam golongan tanaman hibiscus, tanaman bernama lain Hibiscus mutabilis ini dikenal dengan bunganya yang cantik dan besar. Secara tradisional bunga waru landak dikenal efektif mengatasi luka, borok, bisul dan memar.  Bunga waru landak dikenal memiliki rasa sedikit pedas tetapi memberi efek astringent, sehingga meredakan rasa panas.

Mengandung anthocyanin, hiperin (hyperin), isoquercitrin, rutin, cyanidin,cyanidin 3-rutinoside-5-glucoside dan hiperosid (hyperoside). Punya kemampuan menghentikan perdarahan, sebagai anti inflamasi, mengatasi pembengkakan dan antibiotik.

Khasiat bunga waru landak ini juga dijelaskan dalam buku  Encyclopedic Reference of Traditional Chinese MedicineI terbitan dari Springer Science & Business Media pada tahun 2013. Menguatkan alasan pemanfaatan bunga waru landak ini untuk resep herbal muntah darah.

Adapun untuk memanfaatkan bunga waru landak untuk keluhan Anda, tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Anda hanya memerlukan beberapa gram, biasanya 10-30 gram, bunga waru landak untuk kemudian direbus. Namun, jangan rebus ketika kondisi bunga masih basah. Keringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari langsung.

Setelah direbus, diamkan terlebih dahulu sampai air rebusan agak hangat. Setelah itu barulah minum secara perlahan hingga habis.

  • Daun Sosor Bebek

Tanaman sosor bebek atau cocor bebek ini bernama latin Bryophyllum pinnatum. Ternyata daun sosor bebek memiliki khasiat baik untuk resep herbal muntah darah. Dengan membantu mempercepat proses penyembuhan inflamasi dan menghentikan perdarahan dalam.

Dikatakan tanaman ini mengandung asam malat, magnesium malat,  zat damar, tanin, asam formiat dan kalsium oksalat. Memiliki sifat anti inflamasi, anti perdarahan dan baik untuk proses penyembuhan luka.

Kemampuan daun sosor bebek untuk penyembuhan luka dan peradangan dijelaskan dalam Journal of Natural Remedies tahun 2004. Dan pada jurnal lain Pakistan Journal of Scientific and Industrial Research tahun 2005 diungkap adanya khasiat pembekuan darah dan anti perdarahan dalam sosor bebek.

Caranya memanfaatkan daun sosor bebek ini sedikit berbeda. Daun ini tak direbus seperti dua bahan sebelumnya. Untuk menjadikannya obat muntah darah, Anda perlu tambahan arak dan gula aren.

Dua lembar daun sosor bebek bisa terlebih dahulu Anda cuci bersih sebelum kemudian ditumbuk sampai halus. Tambahkan arak dan gula aren, lalu masak dengan cara di tim. Setelah agak lama, angkat dan saring air rebusannya dan minum ramuan herbal ini selagi hangat.

Demikian beberapa bahan alami yang mungkin bisa mengatasi muntah darah Anda. Namun, ingat selalu bahwa ini hanya sebuah metode alternatif. Jangan pernah dijadikan sebagai jalan pengobatan satu-satunya. Akan lebih bijak bila Anda tetap berkonsultasi dengan dokter, baik itu soal pengobatan langsung maupun membicarakan bahan-bahan ini, apakah benar aman untuk Anda atau tidak.

 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 03 Januari 20 - 00:41 WIB
Dalam Kategori : MUNTAH DARAH
Dibaca sebanyak : 274 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback