Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Attapulgite

Attapulgite
Attapulgite merupakan salah satu pengobatan yang dapat dilakukan jika pasien mengalami diare. Obat tersebut memiliki kegunaan dalam menyerap air sehingga tinja akan terlihat padat.
 
Obat attapulgite digolongkan sebagai obat bebas dimana obat tersebut bisa Anda peroleh tanpa resep dokter. Selain itu, obat attapulgite tersedia dalam kemasan tablet dan bisa digunakan baik orang dewasa maupun anak-anak yang berusia lebih dari 6 tahun.
 
Jika Anda ingin menggunakan obat attapulgite untuk mengatasi diare, Anda bisa melakukannya. Meskipun demikian, dosis yang diberikan harus sesuai anjuran dokter, karena kondisi yang dialami setiap pasien berbeda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tersebut.
 
Dosis Obat Attapulgite
Berikut adalah dosis yang digunakan pasien jika ingin mengatasi diare:
  • Dewasa dan anak yang berusia di atas 12 tahun
Jika pasien berada di usia tersebut, maka dosis yang digunakan adalah sebanyak 2 tablet setelah buang air besar. Jumlah maksimal tablet yang bisa dikonsumsi adalah 12 tablet dalam 24 jam.
  • Anak yang berusia di antara 6 hingga 12 tahun
Jika pasien berada di usia tersebut, maka dosis yang digunakan adalah sebanyak 1 tablet setelah buang air besar. Jumlah maksimal tablet yang bisa dikonsumsi adalah 6 tablet dalam 24 jam.
 
Efek Samping Obat Attapulgite
 
Sama seperti obat lain, obat attapulgite tidak menutup kemungkinan untuk menimbulkan efek samping pada tubuh. Efek samping yang bisa terjadi bisa berupa sakit kepala, kembung, nyeri perut, sembelit, serta mual. Jika kondisi pasien memburuk, pasien dihimbau untuk menghubungi dokter supaya dapat ditangani lebih lanjut.
 
Hal-Hal Lain yang Perlu Diperhatikan
 
Selain efek samping di atas, jika kondisi Anda memburuk dan ingin bertemu dengan dokter, Anda perlu beritahu dokter jika Anda pernah menderita kondisi berikut:
  • Asma.
  • Gangguan di bagian ginjal.
  • Obstruksi usus.
  • Hipersensitivitas.
Untuk informasi lebih lanjut tentang kondisi apa saja yang tidak boleh menggunakan obat attapulgite, Anda bisa melihatnya di kemasan obat tersebut.
 
Kondisi lain bisa timbul jika pasien mengkonsumsi obat attapulgite dengan obat lain. Jika pasien ingin menggunakan obat attapulgite dengan obat lain, maka pasien perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter mungkin akan menggantikan dosis obat attapulgite jika pasien ingin menggunakannya secara bersamaan dengan obat lain.
 
Jika pasien mengkonsumsi obat attapulgite dengan obat lain, pasien bisa mengalami kondisi seperti menimbulkan efek antikolinergik akibat penggunaan obat attapulgite dengan obat antihistamin, antipsikotik, antidepresan, dan obat anti Parkinson.
 
Jika Kondisi Anda Memburuk
Jika kondisi Anda memburuk, Anda sebaiknya temui dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:
  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda rasakan.
  • Daftar riwayat medis (jika dibutuhkan).
Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:
  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Seberapa parah kondisi yang Anda alami?
  • Apakah Anda mengalami kondisi lain?
Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan menentukan pengobatan yang lebih tepat terhadap kondisi Anda.
 
Cara untuk Mencegah Diare
Selain menentukan pengobatan yang lebih tepat, Anda juga dihimbau untuk melakukan hal-hal di bawah jika Anda ingin mencegah diare:
  • Mencegah dehidrasi
Salah satu cara untuk mengatasi diare adalah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Dehidrasi tidak hanya mengurangi cairan di dalam tubuh, namun juga bisa memicu risiko yang lebih besar terhadap diare.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat
Anda juga dihimbau untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, namun tidak mengkonsumsi makanan yang dapat membuat Anda mengalami diare seperti makanan pedas. Anda sebaiknya konsumsi makanan-makanan probiotik seperti sup miso, kimchi, dan yogurt.
 
Kesimpulan
Obat attapulgite bisa Anda gunakan untuk mengatasi diare. Meskipun demikian, obat tersebut bisa memicu berbagai efek samping. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan obat attapulgite atau memperoleh informasi lebih lanjut tentang obat tersebut atau diare, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 18 Desember 20 - 09:40 WIB
Dalam Kategori : OBAT, DIARE
Dibaca sebanyak : 336 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback