Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Atasi Peredaran Darah Tidak Lancar dengan Tanaman Herbal

Atasi Peredaran Darah Tidak Lancar dengan Tanaman Herbal

 

Darah berfungsi mengangkut zat makanan, oksigen, nutrisi, dan beberapa hormon ke seluruh bagian tubuh. Aliran darah yang lancar membuat sel-sel tubuh bekerja secara normal dan menandakan tubuh Anda sehat. Jika peredaran darah tidak lancar, sel-sel tubuh akan kekurangan oksigen dan nutrisi. 

Jika sudah demikian, seseorang tentu mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti kehilangan nafsu makan, masalah pencernaan, kesemutan, perubahan warna kulit, varises. dan kuku yang rapuh. 

Peredaran darah tidak lancar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti merokok, diabetes, penyakit raynaud, penggumpalan darah, serta penyakit aterosklerosis. Untuk menjaga peredaran darah diperlukan olahraga teratur dan gaya hidup yang sehat. 

Salah satu gaya hidup sehat yang dimaksud adalah mengonsumsi tanaman herbal, mudahnya minum jamu. Konsumsi tanaman herbal ini juga merupakan produk budaya yang sudah berlangsung secara turun-temurun. Bahkan sebelum dunia medis berkembang sedemikian rupa, konsumsi tanaman herbal ini sudah menjadi tonggak utama dalam urusan medis. 

Adapun berikut ini merupakan beberapa tanaman herbal yang dapat memberikan manfaat melancarkan peredaran darah seseorang:

  • Kunyit

Kunyit mengandung agen anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga arteri bebas dari segala jenis penyumbatan. Kandungan kukurmin dalam kunyit bisa menurunkan peradangan penyebab utama di balik pengerasan arteri. Oleh karena itu, kunyit dipercaya bisa membantu mengatasi peredaran darah tidak lancar.

  • Gandarusa

Tanaman berdaun hijau ini memiliki zat yang disebut salicylin. Zat tersebut merupakan salah satu antikoagulan terbaik yang dimiliki alam. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminum air rebusan serutan kayu gandarusa. Konsumsi teh gandarusa 30 menit sebelum sarapan pagi dan darah akan mengalir dengan lebih baik.

  • Meadowsweet

Tak hanya indah, tanaman bunga yang satu ini pun dipercaya mampu mempercepat aliran darah Anda ketika terjadi gangguan pada pembuluh arteri. Lantaran tanaman meadowsweet mengandung senyawa antikoagulan dan antiinflamasi.

Serupa dengan gandarusa, Anda dapat mengonsumsi air rebusannya. Akan tetapi, minuman ini dapat Anda nikmati saat tengah hari. Hal ini akan menghindarkan Anda dari gejala kerusakan sistem peredaran darah.

  • Kayu manis

Efek yang dimiliki kayu manis adalah memperlancar sirkulasi atau peredaran darah tidak lancar. Sehingga kayu manis dapat mengurangi potensi terjadinya serangan jantung jika dikonsumsi secara teratur dan dosis yang tepat. Kandungan cinnamaldehyde dan cinnamic acid selain berguna sebagai obat jantung juga berperan menurunkan tekanan darah melalui pelebaran pembuluh darah.

  • Seledri

Tak hanya digunakan untuk bahan memasak, seledri ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah sirkulasi darah yang buruk. Hal ini karena sifat diuretik dan detoksifikasi yang dimilikinya. Selain itu, senyawa yang terdapat pada seledri dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi urin. Hal ini tentu dapat membuat darah Anda jauh lebih cair. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminum air rebusan seledri sebanyak tiga cangkir teh setiap harinya.

  • Jelatang

Tanaman dengan daun bersisi tajam ini merupakan salah satu suplemen zat besi terbaik bagi Anda yang menderita anemia. Sifat antikoagulan dan vasodialator pada daun jelatang dapat meningkatkan aliran darah Anda. Anda dapat mengonsumsi teh jelatang dua kali sehari. Hal ini dapat mengatasi masalah peredaran darah pada tubuh Anda.

  • Bunga linden

Bunga berwarna kuning ini sejak lama dipercaya dapat memperkuat pembuluh arteri dan mengatasi masalah peredaran darah. Selain itu, tanaman ini pun dapat menenangkan Anda dari stres karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga sirkulasi darah sangatlah penting karena kesehatan tubuh seseorang ditandai dengan peredaran darah yang lancar. Ketika plak menumpuk di dinding bagian dalam, hal ini bisa menyebabkan seseorang mengalami peredaran darah tidak lancar atau lambat. Hal itu harus segera diatasi, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi tanaman herbal yang dikonsumsi secara teratur. Anda bisa menggunakan tanaman herbal yang telah disebutkan di atas untuk membantu memperlancar aliran darah dan mengatasi sirkulasi darah yang terganggu.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 05 Januari 21 - 11:04 WIB
Dalam Kategori : PEREDARAN DARAH TIDAK LANCAR
Dibaca sebanyak : 92 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback