Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apel, Kunci Cara Sehat Anak Kost

Apel, Kunci Cara Sehat Anak Kost
Menjadi seorang anak kost bukanlah alasan Anda tidak bisa hidup sehat. Anak kost identik dengan hidup sembarangan, pola makan tidak teratur, dan jarang berolahraga karena kesibukan di kampus ataupun kantor. Untungnya, hanya dengan menambahkan buah apel ke dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Ini dikarenakan buah apel mengandung banyak nutrisi seperti kalori, karbohidrat, serat, vitamin C, potasium, dan vitamin K. Apel menjadi kunci cara sehat anak kost karena kandungan mangan, tembaga, vitamin A, E, B1, B2, dan B6, serta kaya kandungan polifenol. 

Buah apel baik untuk menurunkan berat badan
Apel dapat menjadi cara sehat anak kost karena kemampuannya dalam menjaga berat badan yang ideal. Anak kost biasanya jarang berolahraga dan tidak menjaga pola makan dan jenis makanan yang mereka konsumsi, dua faktor utama penyebab kelebihan berat badan dan obesitas. Ini dikarenakan buah apel kaya kandungan serat dan air, dua kualitas yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Dalam sebuah studi, mereka yang mengonsumsi apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi saus apel, jus buah apel, ataupun produk yang tidak mengandung apel. Dalam studi yang sama, mereka yang makan apel sebelum makan besar juga mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak. 
 
Dalam studi 10 minggu lain pada 50 wanita yang kelebihan berat badan, para peserta yang makan apel kehilangan rata-rata 1 kg berat badan dan mengonsumsi kalori lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang makan kue dengan kandungan kalori dan serat yang sama. Para peneliti menganggap alasan mengapa buah apel lebih mengenyangkan karena apel kurang padat energi namun tetap dapat memberikan serat dan volume. Selain itu, senyawa alami yang ada di dalam buah apel juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi pada tikus yang menderita kelebihan berat badan menemukan bahwa tikus yang diberi suplemen apel dan konsentrat jus apel kehilangan lebih banyak berat dan memiliki level kolesterol “jahat” LDL, trigliserida, dan kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berada dalam grup terkontrol. Oleh alasan inilah, konsumsi buah apel setiap hari dapat menjadi cara sehat anak kost dalam menurunkan berat badan. 

Buah apel baik untuk kesehatan jantung
Buah apel telah dihubungkan dengan menurunnya risiko penyakit jantung. Salah satu alasan dari klaim tersebut, karena buah apel mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan level kolesterol darah Anda. Apel juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Salah satu dari polifenol tersebut adalah flavonoid epicatechin yang dapat menurunkan tekanan darah. Kebanyakan dari polifenol berada pada kulit buah apel. Sehingga, memakan buah apel bersama dengan kulitnya merupakan cara sehat anak kost yang perlu Anda lakukan. 

Sebuah analisa pada banyak studi menemukan bahwa asupan flavonoid dalam jumlah yang tinggi dihubungkan dengan berkurangnya risiko stroke sebesar 20 persen. Flavonoid juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL “jahat”, dan bertindak sebagai antioksidan. Studi lain membandingkan efek makan apel per hari dengan penggunaan statin, kelas obat yang dikenal dapat menurunkan kolesterol, dan menyimpulkan bahwa apel bertindak sama efektifnya dalam mengurangi kematian akibat penyakit jantung. Konsumsi apel setiap hari sebagai cara sehat anak kost yang mudah. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 28 Januari 21 - 08:32 WIB
Dalam Kategori : MAKANAN SEHAT, POLA HIDUP SEHAT, BUAH DAN SAYURAN
Dibaca sebanyak : 184 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback