Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apa Saja Sih Manfaat Mengonsumsi Beras Ungu?

Apa Saja Sih Manfaat Mengonsumsi Beras Ungu?
Pernahkah Anda melihat nasi berwarna ungu? Untuk pecinta Drama Korea (drakor), tentu hal itu sudah tidak asing sebab beras ungu cukup populer di Korea. Beras ungu sebenarnya berwarna condong gelap seperti hitam dan baru akan berwarna ungu ketika dimasak. Warna ungu tersebut muncul karena adanya kandungan anthocyanin yang juga terdapat pada berbagai makanan alami berwarna ungu gelap lainnya seperti terong dan blueberry. Meski beras ungu populer di Korea, namun sebenarnya beras ini berasal dari Jepang. Lalu, apa beda beras ungu dan beras biasa selain dari segi warnanya? Serta apa saja manfaat beras ungu jika dikonsumsi? Berikut penjelasan lengkapnya! 
 
Perbedaan dengan beras biasa 
Beras ungu dan beras biasa sebenarnya sama-sama baik untuk dikonsumsi. Keduanya tidak mengandung lemak dan kolesterol. Akan tetapi, beras ungu lebih bernutrisi sebab merupakan olahan whole grain. Selain itu, lapisan barn dan germ pada beras ungu masih utuh menyebabkan nutrisinya semakin melimpah. Sayangnya, lapisan barn dan germ pada beras ungu dapat meningkatkan risiko residu arsenik yang merupakan zat beracun dari tanah. Oleh karena itu, tempat penanaman beras ungu menjadi sangat penting. Hal itulah yang membuat beras ungu menjadi lebih langka sebab tidak mudah diproduksi.  
 
Manfaat beras ungu
Meski kandungan kalori dalam semua jenis berat hampir sama, akan tetapi beras ungu ternyata lebih sehat ketika dikonsumsi. Kandungan berbagai nutrisi di dalamnya yang lebih tinggi daripada beras biasa membuat beras ungu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan manfaat beras ungu tersebut. 
  • Memperkuat otot
Dalam 100 gram beras ungu terdapat protein sebanyak 8,9 gram. Jumlah protein tersebut lebih banyak jika dibandingkan yang terkandung dalam beras biasa. Protein inilah yang membantu proses regenerasi jaringan otot dan membentuk massa otot. Manfaat beras ungu juga bisa memperkuat tulang, lho! 
  • Mencegah anemia
Manfaat beras ungu lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Kandungan zat besi yang cukup melimpah pada beras ungu kan membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, zat besi juga berguna untuk membantu respon saraf dalam cara tubuh bergerak. 
  • Sumber antioksidan bagi tubuh
Kandungan antioksidan dalam beras ungu lebih tinggi dibandingkan beras biasa. Antioksidan tersebut disebabkan oleh zat anthocyanin (penyebab munculnya warna ungu pada tumbuhan). Zat ini memiliki sifat antikarsinogen sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, obesitas, dan diabetes. 
  • Baik bagi pencernaan 
Manfaat beras ungu lainnya adalah membantu memperlancar pencernaan. Beras ungu mengandung serat yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi secara teratur maka akan membuat Anda terhindar dari sembelit atau wasir. Selain itu, beras ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang melakukan diet penurunan berat badan. Tidak hanya itu saja, kandungan serat dalam beras ungu juga akan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol di dalam tubuh. 
 
Jadi, apakah Anda berniat mencoba mengonsumsi beras ungu? Manfaat beras ungu untuk kesehatan tentu sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Meski demikian, untuk menjaga selalu sehat Anda tetap perlu mengimbangi konsumsi beras dengan makanan lain sehingga keseimbangan nutrisi tubuh tetap terjaga. Olahraga teratur serta istirahat dengan cukup juga dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait tips hidup sehat, konsultasikan secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ, Unduh sekarang di App Store atau Google Play. 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 05 Januari 21 - 08:41 WIB
Dalam Kategori : MAKANAN SEHAT, POLA HIDUP SEHAT
Dibaca sebanyak : 116 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback