Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apa Saja Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan?
Siapa yang tidak tahu tentang ikan lele? Ikan ini mudah ditemukan, mudah diolah, dan yang penting memiliki harga yang relatif terjangkau. Banyak yang menyepelekan ikan lele karena dengan harga yang murah tentunya makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kira-kira apakah benar hal tersebut? Dan apa saja manfaat ikan lele bagi kesehatan?
 
APA SAJA MANFAAT IKAN LELE BAGI KESEHATAN?
 
Dengan kandungan nutrisi yang bervariasi mulai dari asam lemak, protein, vitamin, dan beberapa mineral menjadikan ikan lele memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat ikan lele bagi kesehatan yang tidak kalah dengan makanan hewani lainnya:
• Kandungan asam lemak omega-3 pada daging putih ikan lele mungkin tidak sebanyak pada ikan salmon. Namun, hal tersebut masih menjadikan ikan lele sebagai bahan makanan alternatif untuk memenuhi kandungan asam lemak omega-3. Eicopentanoic acid (EPA) dan docosahexanoic acid (DHA) yang terkandung pada ikan lele bermanfaat bagi kesehatan otak, jantung, mata, dan sistem kekebalan tubuh.
• Vitamin B12 memiliki peran penting pada proses pembentukan DNA, produksi sel darah merah, dan menjaga fungsi saraf. Beberapa kelompok seperti lansia, bayi, dan ibu hamil rentan mengalami kekurangan atau defisiensi asupan harian vitamin B12 yang umumnya ditemukan pada produk makanan hewani. Pada 143 gram daging ikan lele terkandung 69% kebutuhan harian vitamin B12. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi ikan lele anda dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian anda.
• Vitamin D dengan mudah didapatkan melalui sinar matahari dan tidak banyak pilihan makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Peran vitamin D bagi tubuh antara lain adalah menjaga kesehatan tulang, mengatur pertumbuhan sel tubuh, dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Siapa sangka ternyata 143 gram daging ikan lele telah dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebanyak 180% yang dapat membantu anda mencegah kekurangan vitamin D.
• Protein memiliki fungsi penting pada pembentukan otot, memelihara otot, memproduksi enzim, dan memproduksi hormon yang kesemuanya penting untuk menjalankan fungsi tubuh yang normal. Hampir seluruh bahan makana mengandung protein dalam jumlah yang beragam, termasuk ikan lele yang memiliki protein padat dan tinggi. Tiap 100 gram ikan lele yang dikonsumsi mengandung 18.5 gram protein, 150 kalori, dan 0 karbohidrat.
• Kandungan merkuri yang rendah karena ikan lele bukan jenis ikan laut. Pencemaran lingkungan membuat banyak orang untuk mengkonsumsi ikan karena kandungan merkurinya yang tinggi. Kandungan merkuri yang tinggi umumnya ditemukan pada ikan laut dan bukan pada ikan air tawar seperti lele.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 30 Desember 19 - 15:09 WIB
Dalam Kategori : IKAN LELE, HIDUP SEHAT
Dibaca sebanyak : 107 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback