Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Alami Tanda-tanda Ini, Waspadai Gejala Trombosit Tinggi

Alami Tanda-tanda Ini, Waspadai Gejala Trombosit Tinggi
Trombosit berperan penting dalam pembekuan sel darah merah. Normalnya dalam tiap mikroliter darah, terdapat trombosit sebanyak 100.000—400.000 sel. Namun ada masanya, Anda mengalami trombosit tinggi karena berbagai masalah kesehatan, mulai dari anemia sampai adanya infeksi yang membuat jumlah trombosit bisa melonjak hingga lebih dari 1 juta sel per mikroliter darah.
 
Terlalu tingginya trombosit menjadi sinyal yang tidak baik bagi tubuh. Ini karena fungsi trombosit adalah membekukan darah, ketika jumlahnya terlalu banyak, darah cenderung akan menggumpal dan menimbulkan risiko berbagai penyakit terkait pembuluh darah, seperti penyakit jantung koroner sampai stroke. Hanya saja, tidak semua orang bisa sadar tengah mengalami trombosit tinggi jika tidak memeriksakan diri lewat tes laboratorium. Tiba-tiba saja, darah sudah terlanjur menggumpal parah dan menimbulkan penyakit yag tidak diinginkan. 

Karena itu, menjadi sangat penting guna memperhatikan sinyal tubuh terkait trombosit tinggi ini. Sama seperti kondisi kesehatan lainnya, ada beberapa gejala yang dapat Anda waspadai sebagai tanda trombosit tinggi. Berikut ini adalah beberapa gejala trombosit tinggi yang kemungkinan penderitanya alami. 
  • Sakit Kepala
Terlalu banyaknya jumlah trombosit di dalam darah akan membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Kepala dan otak yang merupakan bagian tertinggi di dalam tubuh pun menjadi bagian yang paling mengalami dampak dari tidak lancarnya peredaran darah tersebut. Akibat tidak lancarnya peredaran darah ke kepala, Anda akan cenderung mengalami pusing atau sakit kepala tanpa sebab yang jelas. 
  • Memar 
Trombosit tinggi rentan membuat darah menjadi lebih mudah menggumpal dan sulit terdistribusi dengan baik dalam alirannya. Penggumpalan darah ini memang sulit dilihat secara kasat mata. Namun dalam beberapa kasus, penggumpalan darah akan membentuk memar di bagian-bagian tubuh tertentu. Umumnya memar karena penggumpalan akan terjadi di bagian sendi, seperti di area dengkul ataupun siku tangan. 
  • Feses Berdarah 
Anda juga bisa memperhatikan gejala trombosit tinggi dari tekstur feses Anda. Orang yang mengidap trombosit tinggi cenderung mengeluarkan feses yang diikuti oleh darah. Darah pada feses yang mengacu pada terlalu banyaknya jumlah trombosit dalam tubuh cenderung berwarna merah kehitam-hitaman. 
  • Pendarahan Gusi 
Pendarahan pada tubuh cenderung meningkatkan jumlah trombosit. Akan tetapi, trombosit tinggi nyatanya juga bisa memicu pendarahan itu sendiri. Mulut menjadi bagian tubuh yang rentan mengalami pendarahan akibat trombosit tinggi. Coba perhatikan gusi Anda, apabila bagian tersebut kerap mengalami pendarahan ringan, ada kemungkinan kadar trombosit Anda terlalu banyak. 
  • Sulit Bernapas 
Darah yang menggumpal akibat trombosit tinggi rentan membuat aliran darah menjadi tidak lancar, termasuk aliran ke jantung dan paru-paru. Aliran oksigen dalam tubuh pun akan ikut terpengaruh. Karena itulah, kerap terjadi seseorang dengan trombosit tinggi akan mengalami kesulitan bernapas dari tingkat ringan sampai berat. 
  • Kesemutan 
Anda sering kesemutan? Bisa jadi itu merupakan gejala dari trombosit tinggi. Kesemutan atau rasa berdenyut-denyut yang tidak nyaman—umumnya terjadi di bagian telapak kaki atau tangan---terjadi karena tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh. Ketidaklancaran tersebut sangat mungkin disebabkan karena penggumpalan darah yang dipicu terlalu banyaknya jumlah trombosit. 
  • Cadel 
Apabila Anda tiba-tiba menjadi cadel dan sulit berkata dengan seharusnya, lekaslah memeriksakan jumlah trombosit Anda ke laboratorium. Ada kemungkinan jumlah trombosit terlalu tinggi sehingga menimbulkan penggumpalan darah sampai ke otak hingga berpotensi menimbulkan serangan stroke. 
 
*** 
Mengetahui mengalami trombosit tinggi memang membangkitkan kekhawatiran ekstra. Namun, lebih baik mengetahui kondisi tersebut lebih awal daripada belakangan ketika penyakit kronis sudah menimpa Anda. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 19 Oktober 20 - 13:41 WIB
Dalam Kategori : TROMBOSIT TINGGI, PENYAKIT
Dibaca sebanyak : 91 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback