Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Alami Sakit Pinggang Belakang? Segeralah Lakukan Hal Ini!

Alami Sakit Pinggang Belakang? Segeralah Lakukan Hal Ini!
Sakit pinggang belakang bisa menjadi salah satu alasan paling umum orang pergi ke dokter, izin tidak masuk kerja, dan bahkan telah penyebab utama kecacatan di seluruh dunia. Dengan mengambil tindakan cepat, sakit pinggang belakang atau sering disebut sakit punggung bisa teratasi dan tidak menjadi lebih parah. 
 
Perawatan rumah sederhana dan terapi fisik yang tepat sering kali dapat menyembuhkan sakit ini dalam beberapa minggu. Pembedahan jarang diperlukan, kecuali sakit pinggang belakang Anda sudah sangat parah atau menyebabkan komplikasi serius.
 
Seperti apa gejalanya?
Ketiak Anda mengalami sakit pinggang belakang, gejala yang mungkin Anda rasakan adalah:
  • Nyeri otot punggung.
  • Sensasi menusuk dan rasa seperti terbakar. 
  • Rasa sakit hingga menjalar ke kaki.
  • Nyeri atau sakit semakin memburuk ketika Anda membungkuk, memutar, mengangkat, berdiri, atau berjalan.
Cara mengatasi sakit pinggang belakang
Untuk mengatasi sakit pinggang belakang, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
  • Tidur
Tidur bisa menjadi solusi yang baik saat Anda mengalami sakit punggung. Sayangnya, untuk memulai tidur bisa jadi hal yang sulit ketika sakit. Bahkan, kondisi seperti ini bisa menjadi lingkaran setan, karena ketika Anda tidak cukup tidur, maka sakit pinggang belakang mungkin semakin buruk. 
 
Cobalah mulai dengan berbaring miring, letakkan bantal di antara kedua lutut Anda untuk menjaga tulang belakang dalam posisi netral. Ini juga bisa mengurangi ketegangan pada punggung Anda. Jika Anda tidur telentang, geserlah bantal ke bawah lutut. Pastikan Anda tidur di kasur yang kokoh dan nyaman.
  • Postur yang baik
Postur tubuh yang buruk bisa memperparah sakit pinggang belakang Anda, terutama jika duduk terlalu lama. Pastikan posisi duduk Anda tegak, bahu rileks, dan tubuh disangga ke sandaran kursi. Untuk mengurangi ketegangan, Anda bisa meletakkan bantal atau sandaran empuk di antara punggung bawah dan sandaran kursi Anda. 
  • Jangan istirahatkan pinggang yang sakit terlalu lama
Bahkan, dokter pun akan meminta Anda untuk beristirahat di tempat tidur saat mengalami sakit pinggang belakang ini. Namun, terlalu lama berbaring diam hanya akan memperburuk sakit  yang Anda alami dan menyebabkan komplikasi lain. Jadi, usahakan untuk mulai bergerak setelah Anda beristirahat 1 – 2 hari. Olahraga telah terbukti menjadi salah satu cara paling efektif untuk meredakan sakit pinggang belakang dengan cepat, termasuk berenang, berjalan, atau yoga.
  • Kompres es dan panas
Kompres es dan panas ternyata bisa meredakan sakit pinggang belakang Anda. Cobalah lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari selama 20 menit setiap kali kompres. Anda bisa membungkus kantong es dengan handuk tipis, lalu kompres ke bagian yang sakit. Setelah beberapa hari, alihkan lagi dengan kompres panas untuk membantu mengendurkan otot dan meningkatkan aliran darah ke area yang sakit. 
  • Terapi fisik
Jika Anda menjalani terapis fisik, Anda akan diajari cara berdiri, duduk, dan bergerak dengan tulang belakang tetap sejajar dan ketegangan di punggung Anda berkurang. Cobalah ikuti latihan terapi fisik yang dibimbing langsung oleh ahlinya. Latihan ini akan membantu memperkuat otot inti yang menopang punggung Anda. Risiko sakit pinggang belakang kambuh di masa mendatang pun bisa berkurang. 
 
Inilah beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan saat mengalami sakit pinggang belakang. Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas untuk membantu meredakan nyeri, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan asetaminofen. Namun sebaiknya, Anda tetap berkonsultasi dulu dengan dokter jika membutuhkan perawatan dengan obat pereda nyeri atau obat lainnya. 
 
Catatan
Dalam beberapa kasus sakit pinggang belakang yang cukup serius, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan pembedahan, seperti disektomi atau laminektomi. Sama halnya dengan operasi yang lain, operasi ini berisiko dan tidak selalu berhasil. Inilah mengapa tindakan operasi selalu menjadi jalan terakhir ketika semua perawatan yang dilakukan tidak menunjukkan perbaikan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 27 November 20 - 10:57 WIB
Dalam Kategori : NYERI PINGGANG, NYERI SENDI
Dibaca sebanyak : 97 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback