Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Alami Ciri Kehamilan Muda, Perhatikan Langkah Lanjutan

Alami Ciri Kehamilan Muda, Perhatikan Langkah Lanjutan
Tanda Anda sedang hamil tidak hanya bisa diukur ketika jadwal menstruasi Anda sudah telat. Sedari awal, Anda sudah bisa mendapati ciri kehamilan muda yang memang terkesan umum, namun sebenarnya bisa dirasakan.
Rasa lelah yang berlebihan, mood yang mudah berubah, sampai kram perut disertai bercak darah segar menjadi beberapa ciri kehamilan muda yang bisa Anda dapati bahkan sebelum melewati jadwal menstruasi bulanan Anda. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, Anda pun mesti mulai berhati-hati menjaga kandungan agar janin yang Anda bisa terus bertahan dan sehat.
Berikut ini adalah beberapa langkah lanjutan yang baiknya segera Anda lakukan ketika mulai mencurigai adanya tanda-tanda kehamilan. Untuk menjalani berbagai langkah lanjutan ini, Anda mungkin harus rela merelakan kebiasaan-kebiasaan Anda sebelum hamil. Yang penting, janin dan ibunya sehat, bukan?
 
Perbanyak Istirahat
Anda mungkin termasuk pribadi yang aktif dengan segudang kegiatan. Anda pun sebenarnya tidak ingin mengikuti keinginan badan yang mudah lelah karena adanya janin dalam kandungan. Namun, terus memaksakan diri untuk berkegiatan bukan pilihan yang bijak karena bisa berisiko terhadap keselamatan janin.
Usia kandungan yang masih sangat muda lebih rentan mengalami keguguran. Karena itu jika memang merasa lelah, perbanyaklah beristirahat. Ingatlah bahwa ada nyawa lain yang mesti Anda jaga di dalam rahim Anda.
 
Santap Makanan Bergizi
Apa makanan yang sering Anda santap? Sudah tergolong makanan sehatkah atau Anda lebih suka jenis makanan fastfood? Jika selama ini Anda masih makan sesuka keinginan Anda, mulailah ubah kebiasaan tersebut ketika sudah mengalami ciri-ciri kehamilan muda.
Mulailah untuk rajin menyantap makanan bergizi. Perbanyak juga konsumsi sayuran dan buah. Bagaimanapun, santapan Anda ketika berada di fase awal kehamilan bisa sangat menentukan tumbuh kembang anak Anda nantinya.
 
Kelola Stres
Anda mungkin akan mudah mengalami perubahan mood selama masa kehamilan. Tidak jarang, perubahan mood tersebut bisa berubah menjadi stres yang berkepanjangan jika tidak dikelola dengan baik. Jangan sampai hal itu terjadi karena bisa sangat berpengaruh pada janin.
Mulai sekarang, cobalah untuk selalu berpikir positif. Kelola tingkat stres Anda dengan baik. Jauhi hal-hal yang memang membuat tingkat stres Anda meningkat. Jangan sungkan pula meminta dukungan orang-orang sekitar untuk bisa menjaga emosi Anda selama masa kehamilan.
 
Pastikan Cukup Terhidrasi
Ibu hamil memiliki kebutuhan air lebih dari kondisi normal. Setidaknya dalam sehari, Anda harus meminum 2,3—3 liter air untuk memastikan kondisi diri terhidrasi dengan baik. Hidrasi yang cukup amat penting karena jika Anda mengalami dehidrasi selama masa kehamilan, risiko komplikasi ketika persalinan hingga bayi cacat lahir siap membayang-bayangi Anda.
Pastikan cairan yang masuk ke tubuh lebih banyak berupa air putih. Hindari konsumsi minuman beralkohol dan kopi karena mengganggu tumbuh kembang janin. Kurangi pula konsumsi teh karena bisa menghambat penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil..
 
Hati-hati Gunakan Obat
Beberapa ciri kehamilan muda cenderung mengarah kondisi badan tidak sehat, seperti demam, masalah pencernaan, sampai sakit kepala berat. Namun, jangan mudah mengonsumsi sembarangan obat. Nyatanya banyak obat yang bisa membuat tumbuh kembang janin menjadi terganggu.
Ketika mencurigai adanya tanda-tanda kehamilan pada diri Anda, cobalah bertahan untuk tidak meminum obat apapun ketika merasakan sakit. Perbanyak istirahat menjadi pilihan yang lebih tepat. Jika memang rasa sakit sangat menganggu, periksakan diri ke dokter dan jelaskan kecurigaan Anda mengenai ciri kehamilan yang dialami agar tim medis bisa memberikan obat yang sesuai dan aman untuk Anda dan janin dalam kandungan.
 
Periksakan Diri ke Spesialis
Jika memang ciri-ciri kehamilan semakin kuat Anda rasakan, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Pemeriksaaan kehamilan ke dokter tidak perlu menunggu hasil testpack Anda menunjukkan sinyal kehamilan positif.
Dengan memeriksakan diri ke spesialis, sang dokter bisa memeriksa benar tidak adanya kehamilan lewat pemeriksaan laboratorium bahkan USG transvaginal. Semakin cepat diketahui dengan pasti, semakin cepat pula penanganan yang bisa dilakukan agar Anda bisa menjalani kehamilan yang sehat.
 
***
Ciri-ciri kehamilan mungkin bisa sangat samar dna sulit dikenali. Namun jika Anda mencurigainya, melakukan kebiasaan-kebiasan baik untuk mempersiapkan masa kehamilan yang sehat dan menyenangkan bagi Anda dan janin tentu tidak ada salahnya.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 01 Juli 20 - 11:24 WIB
Dibaca sebanyak : 151 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback