Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

8 Makanan Penyubur Sperma, Bantu Percepat Kehamilan

8 Makanan Penyubur Sperma, Bantu Percepat Kehamilan
Saat menikah, beberapa pasangan dapat memiliki keturunan dalam waktu singkat. Sebagian yang lain mungkin membutuhkan waktu lebih panjang hingga dikaruniai buah hati. Hal tersebut memang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya kualitas sperma.
Terkadang kehamilan sulit tercapai karena sperma pria kurang berkualitas. Oleh sebab itu, bagi para pria yang ingin segera memperoleh keturunan, dapat coba mengonsumsi makanan penyubur sperma.
Secara umum, makanan penyubur sperma akan membantu untuk menambah jumlah sperma, membuat bentuk sperma menjadi lebih sehat, serta menambah volume semen. Diharapkan, kemungkinan terjadinya kehamilan pun akan lebih tinggi.
Berbagai makanan penyubur sperma
Baik pria maupun wanita memang memegang peranan penting dalam tercapainya kehamilan. Untuk dapat terjadi kehamilan, dibutuhkan komponen sel telur yang sehat dari wanita serta sel sperma yang sehat dari pria.
Bagi para pria, tidak ada salahnya membiasakan konsumsi makanan tertentu untuk memperbaiki kualitas sperma.  Berikut ini beberapa makanan penyubur sperma yang dapat Anda konsumsi.
1. Daging sapi dan ayam
Zinc sangat bermanfaat dalam membantu mengatur jumlah sperma dan motilitas atau pergerakan sperma. Penting sekali untuk memiliki jumlah dan pergerakan sperma yang optimal, dengan demikian sperma dapat mencapai sel telur dengan selamat. Sehingga potensi terjadinya pembuahan pun meningkat.
Nah, zinc yang tinggi salah satunya dapat Anda peroleh dari daging sapi dan daging ayam.
Selain daging, hati sapi dan ayam juga merupakan jenis makanan penyubur sperma. Di dalamnya, terkandung vitamin B12 yang dapat meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan.
2. Sayuran hijau
Anda pasti sudah mengetahui bahwa tubuh kita membutuhkan asam folat. Dalam hal kualitas sperma, kekurangan asam folat dapat menyebabkan kerusakan DNA sperma dan rendahnya produksi sperma.
Anda dapat memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi berbagai sayuran hijau, diantaranya baya, selada, atau sawi.
3. Ikan
Mungkin cukup banyak yang mengetahui bahwa ikan termasuk makanan penyubur sperma. Tuna, salmon, makarel, dan berbagai ikan berlemak lainnya, mengandung vitamin D yang tinggi.
Vitamin D berperan dalam meningkatkan produksi testosteron dan memperbaiki pergerakan sperma.
4. Kacang-kacangan
Terdapat vitamin E dalam kadar yang cukup tinggi di dalam kacang-kacangan. Vitamin yang satu ini bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sperma dari kerusakan. Di samping itu, vitamin E juga berperan dalam produksi hormon-hormon reporduksi, termasuk hormon testosteron.
5. Telur
Layaknya kacang-kacangan, telur juga kaya akan vitamin E. Sehingga berperan dalam melindungi kerusakan sperma dan membantu produksi hormon testosteron.
Selain itu, telur juga mengandung protein yang dapat membantu motilitas sperma serta menambah volume sperma.
6. Susu dan produk olahannya
Telah diketahui bahwa vitamin D berperan dalam meningkatkan kualitas sperma. Maka, jenis makanan yang mengandung vitamin D sudah pasti termasuk ke dalam makanan penyubur sperma, seperti susu dan produk olahannya.
Di dalam susu juga terdapat asam D-aspartat, suatu asam amino yang memengaruhi pengaturan hormon testosteron, meningkatkan konsentrasi sperma, dan memperbaiki motilitas sperma.
7. Ginseng
Terdapat zat aktif ginsenoside di dalam ginseng. Zat ini dapat menstimulasi pembentukan sperma. Selain itu, ginseng juga dapat membantu memperbaiki motilitas sperma dan meningkatkan jumlah sperma.
8. Bawang putih
Si bumbu dapur ini mengandung allicin, zat yang bisa membantu melancarkan aliran darah, tak terkecuali pada organ reproduksi pria. Apabila aliran darah lancar, organ juga dapat berfungsi dengan baik, termasuk dalam hal memproduksi sperma.
Di dalam bawang putih juga terkandung selenium, zat yang memperbaiki kualitas pergerakan sperma agar dapat mencapai sel telur.
Memang benar bahwa makanan penyubur sperma dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Namun, Anda tetap perlu menjalani pola hidup sehat bila mengharapkan hasil yang optimal.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 04 Mei 20 - 14:27 WIB
Dibaca sebanyak : 67 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback