Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

7 Penyebab Otot Nyeri yang Umum Terjadi

7 Penyebab Otot Nyeri yang Umum Terjadi
Hampir semua orang mungkin pernah merasakan otot nyeri. Keluahan kesehatan yang umum ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari irngan hingga kondisi serius.
Umunya, otot nyeri disebabkan oleh adanya aktivitas fisik yang terlalu banyak atau karena stres. Ada pula berbagai kondisi lain yang menjadi penyebab munculnya nyeri otot.
Penyebab Nyeri Otot yang Biasanya Terjadi
Rasa pegal maupun nyeri otot ini bisa terasa beragam, mulai dari ringan hingga sakit parah tak tertahankan.
Nyeri otot juga bisa hilang sendiri, namun ada pula yang terjadi dalam jangka waktu berbulan-bulan. Simak penyebab otot nyeri berikut ini.
  • Latihan Fisik atau Olahraga yang Salah
Nyeri otot umumnya terjadi karena olahraga atau latihan fisik yang dilakukan dengan cara yang salah. Rutinitas yang dilakukan tidak sesuai dengan aturannya. Misalnya tidak melakukan pemanasan atau pendingan ketika sebelum dan sesudah berolahraga.
Pemanasan dan pendinginan ini bukan hal sepele, lho.  Anda harus melakukannya dengan benar tanpa boleh dilewatkan.
Gerakan olahraga atau workout pun juga harus dilakukan dengan gerakan yang benar. Apalagi jika olahraga yang dilakukan membutuhkan tenaga yang benar seperti mengangkat beban. Salah sedikit, maka akan berisiko mengalami cedera.
  • Kekurangan Asupan Nutrisi
Tubuh memiliki kebutuhan akan asupan nutrisi yang harus dipenuhi. Kurangnya asupan nutrisi bisa menyebabkan nyeri otot.
Misalnya, tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium dan memastikan otot tetap berfungsi dengan baik. Jika tubuh kekurangan vitamin D ini, maka akan memicu terjadinya osteomalasia pada tingkatan yang parah. Kondisi ini membuat tulang lemah, otot lemah, hingga tulang terasa sakit.
  • Cedera
Otot nyeri atau terasa sakit juga bisa disebabkan oleh adanya cedera, keseleo atau memar. Cedera biasanya ditandai dengan memar, rasa sakit, dan juga kram pada otot. Cedera otot bisa terjadi di area mana saja, seperti otot punggung, otot betis, maupun otot paha.
Ada beragam penyebab cedera otot, seperti kecelakaan, jatuh, tubuh terpelintir. gerakan latihan fisik yang salah, atau kondisi lainnya.
Cedera yang menyebabkan otot nyeri bisa diatasi dengan beristirahat yang cukup dan menonsumsi obat pereda nyeri agar rasa sakitnya bisa berkurang.
  • Adanya Infeksi dan Penyakit
Otot terasa nyeri juga bisa disebabkan oleh infeksi atau adanya penyakit yang membuat otot terasa sakit di bagian tertentu. Jenis penyakit atau infeksi yang dimaksud adalah penyakit autoimun, anemia, flu, lupus, arthritis, fibromyalga, malaria, hipotiriodisme, trikinosis, hingga lyme disease.
Jika otot nyeri diakibatkan karena salah satu penyakit di atas, maka pengobatan yang paling ampuh adalah dengan mengobati penyakit itu sendiri.
  • Stres Berlebihan
Ternyata stres juga bsia menyebabkan otot menjadi nyeri. Semakin Anda mengalami stres secara fisik maupun mental, maka tinggi pula risiko Anda mengalami nyeri otot.
Jika Anda mengalami stres dalam waktu lama, maka otot tubuh pun akan kaku dan tegang sehingga berpotensi menimbulkan kondisi lain seperti sakit kepala dan sebagainya.
Meredakan stres bukan dengan berhenti atau mengurangi aktivitas fisik. Melainkan dengan tetap aktif bergerak agar tubuh menjadi bugar.
  • Mempraktikan Postur Tubuh yang Salah
Kebiasaan mempraktikan posisi tubuh yang tidak benar juga bisa menyebabkan nyeri otot. Itulah mengapa penting sekali membiasakan postur tubuh tetap benar sehingga mengurangi risiko terjadinya nyeri otot.
Postur tubuh yang salah akan membuat otot menjadi tegang dan sakit. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang untuk perlahan mengubah dan memperbaiki kebiasaan yang salah ini. Sehingga Anda juga melakukan pencegahan agar tidak terjadi nyeri otot lagi.
  • Melakukan Aktivitas Fisik Berat Terlalu Banyak
Rutin dan aktif melakukan aktivitas fisik yang berat dapat membuat otot menjadi kram, kaku, atau pun terasa nyeri dan sakit. Apalagi jika latihan fisik tersebut dilakukan dengan gerakan yang sama dan berulang tanpa adanya variasi.
Nyeri otot juga bisa terjadi karena tubuh tidak terbiasa berolahraga atau sudah lama tidak berolahraga. Bagian yang rentan mengalami nyeri umumnya area kaki seperti paha dan juga pinggul.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 11 Desember 20 - 10:48 WIB
Dibaca sebanyak : 141 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback