Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

7 Manfaat Rutin Konsumsi Sayuran Berserat Tinggi

7 Manfaat Rutin Konsumsi Sayuran Berserat Tinggi
Oleh berbagai lembaga kesehatan nasional maupun dunia, tiap orang dianjurkan mengonsumsi jumlah serat minimal untuk menunjang kesehatannya. Bagi orang dewasa sendiri, kebutuhan serat harian yang direkomendasikan berada di kisaran 25—30 gram tiap harinya. Mengonsumsi berbagai buah dan sayuran berserat tinggi pun dianjurkan guna bisa memenuhi rekomendasi tersebut.
 
Pasalnya, tubuh tidak bisa memproduksi serat sendiri. Karena itulah, makanan yang tepat dan mengandung serat tinggi terus dikumandangkan agar tiap orang bisa memenuhi kebutuhan serat hariannya sehingga terhindar dari berbagai penyakit.
 
Namun, Anda sebenarnya sudah paham betul tidak mengenai fungsi serat bagi kesehatan tubuh? Tidak main-main, berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh jika rutin mengonsumsi menyantap buah dan sayuran berserat tinggi? Cek apa saja manfaatnya di bawah ini.
 
Menjaga Kesehatan Usus
Apabila Anda termasuk orang yang sering bermasalah dengan pencernaan, cobalah untuk meningkatkan asupan serat harian Anda. Soalnya, serat bisa membantu perkembangkan bakteri baik dalam usus yang berimplikasi positif bagi kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan. Bakteri-bakteri baik tersebut bisa tercipta karena serat mampu menghasilkan asam lemak berantai.
 
Mencegah Diabetes
Tidak perlu terlalu takut lagi akan ancaman penyakit kencing manis alias diabetes jika Anda selalu mengonsumsi buah dan sayuran berserat tinggi tiap hari. Kehadiran serat dalam tubuh mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga tingkat gula darah tinggi dapat dihindari. Jadi, Anda bisa mengucapkan selamat tinggi pada diabetes.
 
Menurunkan Risiko Jantung
Penyebab utama dari berbagai penyakit jantung adalah menumpuknya plak dalam aliran darah yang disebabkan oleh kolesterol atau tingginya gula darah. Dengan memenuhi kebutuhan serat harian, tingkat gula darah bisa diturunkan. Kolesterol dalam darah juga mampu dikurangi. Alhasil menurut beberapa penelitian, mengonsumsi buah dan sayuran berserat tinggi sesuai rekomendasi harian bisa menurunkan risiko penyakit jantung sampai 9 persen.
 
Menjaga Berat Badan
Tidak hanya persoalan bentuk tubuh, dengan menjaga berat badan Anda bisa terhindari dari berbagai keluhan kesehatan, mulai dari obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Mengonsumsi makanan tinggi serat bisa menjadi jalan terbaik untuk menjaga berat badan Anda sebab rata-rata makanan tinggi memilki tingkat kepadatan energi yang rendah. Jadi, Anda bisa merasa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, namun di sisi lain kalori yang Anda asup ternyata lebih sedikit.
 
Membuat Tulang Kuat
Tulang yang kuat nyatanya bisa tercipta dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran berserat tinggi. Pasalnya, makanan-makanan tinggi serat memiliki kandungan prebiotik yang mampu menghasilkan mineral dan kalsium yang dibutuhkan untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang. Dengan nutrisi tersebut, tulang Anda akan lebih padat dan terhindar dari risiko keropos.
 
Menjadi Anti Kanker
Rata-rata buah dan sayuran berserat tinggi juga memiliki kandungan antioksidan ya kaya. Kandungan ini bisa menjadi penangkal kanker bagi Anda! Menurut beberapa penelitian, rajin mengonsumsi makanan kaya serat mampu menurunkan tingkat risiko pembentukan sel kanker dari 5 persen sampai 10 persen.
 
Memperpanjang Umur
Dengan berbagai manfaat serat yang menghindari orang yang mengonsumsinya dari serangan berbagai penyakit, serat pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas hidup sampai memperpanjang umur Anda. Para peneliti di Universitas Harvard baru-baru ini bahkan menemukan fakta, pemenuhan asupan serat yang melebihi kebutuhan serat harian bahkan bisa menghindari Anda dari risiko kematian sebanyak 17—19 persen.
 
 
Manfaat-manfaat serat bagi tubuh tidak perlu diragukan lagi. Saatnya kini Anda mulai melangkah supaya semakin rajin mengonsumsi buah dan sayuran berserat tinggi secara rutin. Setelah itu, Anda bisa menikmati hidup yang lebih sehat dengan segudang manfaat kesehatan yang tak terkira.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 07 Agustus 20 - 12:33 WIB
Dalam Kategori : SAYURAN BERSERAT TINGGI
Dibaca sebanyak : 82 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback