Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

7 Makanan Super Murah untuk Bayi yang Mudah Didapat

7 Makanan Super Murah untuk Bayi yang Mudah Didapat
Si kecil yang sehat dan kebutuhan nutrisi tercukupi adalah keinginan semua orang tua. Untuk menunjang kesehatannya, tak jarang sang anak diberikan superfood agar nutrisinya terjaga. Eits, tapi tenang, gak semua superfood itu mahal, lho. Ada banyak sekali makanan supermurah yang dengan mudah bisa Anda temukan.
Mengenal Makanan Super (Superfood)
Makanan super adalah kelompok makanan yang disebut mengandung padat nutrisi sehingga baik untuk kesehatan. Seperti salmon, acai berry, bluberry, brokoli, dan sejenisnya. Namun, sebagian orang menganggap superfood mahal dan cukup sulit ditemukan. Padahal, ada banyak sekali bahan makanan di sekitar kita yang tergolong makanan super murah dan sangat mudah ditemukan di pasaran.
Namun, perlu diketahui bahwa, tidak ada kriteria tertentu atau daftar yang tergolong superfood yang disetujui. Ini hanyalah istilah marketing untuk makanan dengan segudang manfaat bagi kesehatan.
Makanan Super untuk Bayi
Mulai dari usia 1 tahun, ASI akan mulai digantikan oleh makanan padat. Ukuran perut bayi masih sangat kecil sehingga porsi makanan yang dapat masuk pun tidak banyak. Penting bagi orangtua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bayo adalah yang kaya nutrisi sehingga pertumbuhannya terjaga.
Cara terbaik untuk mendapatkan makanan sehat adalah dengan memasukkan makanan super dalam menu makan bayi. Agar makan anak lahap, penting juga untuk menyajikan makanan yang bervariasi hingga penyajian yang menarik.
Makanan Super Murah untuk Bayi
  • Pisang
Pisang termasuk buah kaya akan karbohidrat yang baik untuk energi berkelanjutan. Selain itu, pisang juga mengandung serat untuk kesehatan saluran pencernaan. Pisang cukup mudah dibawa ke mana-mana dan mudah dikonsumsi. Pastikan pisang yang akan dimakan oleh bayi harus sudah matang dan dihaluskan secara rata agar tidak membuat bayi  tersedak. Jika bayi sudah agak besar, pisang bisa dicincang kecil sehingga bayi bisa mengambil sendiri menggunakan jarinya.
  • Ubi Jalar
Tahukah Anda bahwa ubi jalar merupakan salah satu superfood  yang menyediakan kalium, serat, vitamin C, serta beta karoten. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kanker dan mencegah dari bahaya radikan bebas.
Karena rasanya yang manis, seringnya ubi jalar disukai oleh bayi ketimbang jenis sayuran lainnya. Masak ubi terlebih dahulu lalu haluskan hingga menjadi bubur agar mudah dikonsumsi oleh bayi.
  • Telur
Telur memang dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Putih telur mengandung protein, sedangkan kuning telur mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B12, serta seng. Kandungan kolin dalam kuning telur disebut-sebut penting untuk perkembangan otak anak. Jika dalam keluarga memiliki riwayat alergi telur, sebaiknya tanyakan pada dokter untuk informasi lebih lanjut.
  • Buah Alpukat
Alpukat termasuk makanan super yang mengandung protein tertinggi dibanding buah lainnya. Alpukat juga kaya akan lemak baik yang dapat mencegah penyakit jantung. Sehingga buah ini sangat baik untuk diberikan pada bayi. Cuci bagian luar buah terlebih dahulu, keluarkan daging buahnya, lalu tumbuk hingga halus.
  • Brokoli
Makanan super yang satu ini mengandung vitamin C, beta karoten, zat besi, asam folat, kalium, serta mengandung tinggi serat. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Sebaiknya brokoli diolah dengan cara direbus atau dimasukkan dalam microwave. Anda bisa juga mencampur brokoli dengan jenis sayuran lain yang rasanya lebih enak, seperti labu, ubi jalar, dan sebagainya.
  • Ayam
Ayam mengandung vitamin B6 dan protein yang membantu tubuh mengekstrak energi dari makanan. Bayi, dalam masa pertumbuhannya, butuh makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang cukup. Kreasikan ayam dengan sayuran atau buah lain yang disukainya.
  • Wortel
Sayuran wortel merupakan makanan super murah berikutnya. Kandungan beta karoten yang ada di dalam wortel sangat besar. Beta karoten ini juga diubah menjadi vitamin A yang bagus untuk penglihatan. Wortel juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Wortel memiliki rasa manis alami yang disukai oleh bayi. Pastikan wortel dimasak hingga lunak lalu haluskan. Bisa juga dengan menyajikannya dengan potongan dadu.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 24 Juli 20 - 10:27 WIB
Dalam Kategori : MAKANAN SUPER MURAH
Dibaca sebanyak : 45 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback