Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

7 Khasiat Baik Bunga Kembang Sepatu bagi Kulit yang Harus Anda Tahu

7 Khasiat Baik Bunga Kembang Sepatu bagi Kulit yang Harus Anda Tahu
 
Sekarang ini, banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bahan alami sebagai kandungan utamanya. Salah satu bunga yang digunakan adalah kembang sepatu atau dikenal dengan nama hibiscus.
Di Indonesia bunga yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Biasanya dijadikan sebagai tanaman hias karena bunga kembang sepatu memiliki warna yang beragam. Selain bentuknya yang indah, ternyata bunga hibiscus juga mengandung banyak sekali khasiat bagi kecantikan kulit dan rambut.
Bunga hibiscus kaya akan senyawa seperti antioksidan, mineral, vitamin, dan asam malat.
Manfaat Kembang Sepatu untuk Kecantikan Kulit
Ada beberapa manfaat dari bunga yang juga disebut botox plant ini, berikut di antaranya:
  • Meningkatkan Produksi Kolagen Tubuh
Kandungan vitamin C yang terkandung dalam bunga kembang sepatu dapat membantu meningkatkan kolagen tubuh secara alami jika dikonsumsi. Vitamin C ini bermanfaat untuk produksi kolagen, baik secara internal ataupun topikal. Kolagen yang cukup akan membuat kulit lebih kenyal dan kencang.
Anda dapat menikmati vitamin C dalam kembang sepatu dengan cara diminum atau diaplikasikan berupa produk kecantikan wajah.
  • Memperlambat Penurunan Kolagen
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa HIbiscus atau bunga kembang sepatu kaya akan antioksidan yang bernama myricetin yang dapat menekan enzim collagenase. Enzim ini yang berfungsi menurunkan produksi kolagen. Sehingga dengan begitu, adanya myricetin pada Hibiscus akan menjadi penghambat  proses penurunan produksi kolagen dalam tubuh. Sehingga kadar kolagen tetap stabil.
  • Mencegah Kerusakan Elastin
Selain menargetkan kolagen, kembang sepatu juga menargetkan protein lain seperti elastin. Elastin ini merupakan protein yang sangat elastis yang ada di jaringan ikat dan kulit. Fungsinya yaitu untuk menjaga kulit tetap kencang. Selayaknya kolagen, elastin juga dapat berkurang kadarnya di dalam tubuh karena dipecah oleh enzim elastase yang meningkat karena faktor penuaan. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi kendor dan keriput.
Myricetin yang terkandung pada hibiscus juga dapat memperlambat aktivitas enzim elastase dan mencegah kerusakan elastin sehingga tetap menjaga kekencangan kulit.
  • Meredakan Peradangan
Selain kaya akan antioksidan, kembang sepatu juga mengandung vitamin C dan beta karoten. Hibiscus juga mengandung antosianin yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan mengurangi peradangan kulit. Peradangan merupakan respons tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas.
Semakin banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti antosianin ini, maka akan membantu memperkuat perlindungan terhadap peradangan akibat aktivitas radikal bebas.
  • Mengandung AHA untuk Eksfoliasi Kulit
Kembang sepatu termasuk sumber alami dari AHA, seperti malic acid dan citric acid. Seperti diketahui bahwa AHA baik untuk ekfoliasi kulit, menghaluskan kulit, mengangkat sel kulit mati, serta melembapkan kulit. Eksfoliasi bermanfaat untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, tekstur kulit yang tidak rata, serta wajah kusam.
  • Mempercepat Penyembuhan Luka
Penyembuhan luka pada kulit merupakan proses yang penting dari kulit sehat. Sebab, luka yang sembuh lebih cepat dapat menghindari dari infeksi dan komplikasi lain yang dapat menyebabkan munculnya jaringan parut. Ekstrak kulit sepatu dapat meningkatkan produksi fibronektin, yaitu protein yang membantu menutup luka. Selain merangsang proses penyembuhan, protein ini juga dapat menghidrasi dan meregenerasi kulit.
  • Melembapkan Kulit
Mengkonsumsi air rebusan atau teh kembang sepatu dapat membuat kulit Anda tetap terhidrasi, menjaga kelembapan, dan elastisitas kulit. Sedangkan kulit yang dehidrasi atau tidak terhidrasi dengan baik akan menjadi kering, kencang, dan tidak kenyal.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 26 Agustus 20 - 11:01 WIB
Dalam Kategori : KEMBANG SEPATU
Dibaca sebanyak : 75 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback