Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

7 Cara Efektif Mengatasi Mental Block, Patut Dicoba!

7 Cara Efektif Mengatasi Mental Block, Patut Dicoba!
 
 
Mental blockadalah kondisi hambatan mental yang memengaruhi pikiran dan emosi terhadap sesuatu. Berada dalam kondisi mental block memang sangat mengganggu. Umumnya, mental block dipicu oleh beberapa hal, seperti merasa insecure, kurangnya self control, atau membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tanpa disadari, ketika Anda ingin melakukan sesuatu, otak pun menjadi buntu, tidak kreatif, dan tidak produktif lagi. Anda pun tidak pernah membayangkan hal tersebut akan terjadi sebelumnya.
 
Oleh sebab itu, Anda perlu mengatasi mental block jika kondisi ini terjadi, agar kreativitas dan produktivitas Anda kembali normal. Beberapa strategi ini ampuh dan efektif membantu mengusir mental block dari diri Anda.
 
  • Freewriting.
Ketika Anda merasa mandek atau buntu, cobalah untuk mulai menulis bebas, tentang apa pun yang ada di dalam pikiran Anda. Teknik ini disebut juga dengan freewriting. Umumnya, seorang penulis sering kali mengalami mental block, dan teknik ini dapat membantu kemampuan ‘berpikir’ Anda kembali.
 
Luangkan setidaknya 10 – 15 menit untuk menulis bebas, baik itu yang terkait dengan pekerjaan ataupun tidak. Ini juga akan membantu Anda menemukan ide-ide baru yang mungkin selama ini hanya terpendam jauh di dalam benak Anda.  
 
  • Selesaikan tugas-tugas kecil terlebih dahulu.
Terkadang, orang-orang sering merasa kewalahan terhadap banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan, sehingga sulit untuk diselesaikan semuanya. Cobalah untuk beristirahat sejenak, lalu mulai kembali dengan mengerjakan tugas-tugas kecil yang tidak terlalu penting untuk diselesaikan. Misalnya dengan mencuci piring, mengatur rak buku, atau pilah-pilih email yang belum dibaca. Dengan melakukan tugas-tugas kecil ini, dapat meningkatkan kembali semangat dan kepercayaan diri, sehingga mental block dapat teratasi.
 
  • Ciptakan lingkungan kerja yang ‘nyaman’.
Kebersihan ruang kerja akan sangat memengaruhi kinerja dan suasana hati Anda di tempat kerja, contohnya memiliki meja yang rapi dan teratur. Hal ini akan meningkatkan produktivitas dan fokus Anda saat bekerja. Di sisi lain, sebagian orang menjadi lebih kreatif jika bekerja di ruang yang berantakan. Anda juga bisa sesekali bekerja di café sambilngopi cantik atau bermain dengan teman-teman yang lain, agar pikiran lebih fresh dan menemukan ide-ide baru.
 
  • Pelajari sesuatu yang baru.
Sering kali, saat seseorang mengalami mental blcok, ia akan merenungkan ide lama yang sama tanpa berusaha berpikirout of the box. Cobalah untuk membuka dan memberanikan diri untuk mempelajari sesuatu yang baru. Misalnya, membaca artikel di luar bidang keilmuan Anda, memasak makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya, atau mengikuti tutorial cara menyulap. Hal ini akan membantu otak agar berpikir dengan cara baru, sehingga menjadi lebih kreatif dan meningkatkan kemampuanproblem sloving.
 
  • Mengenang momen-momen bahagia.
Untuk menghilangkan mental block yang munculnya suka tiba-tiba ini, Anda bisa kembali mengenang momen-momen bahagia bersama seseorang dengan cara melihat foto-foto lama atau sekedar mendengarkan musik. Hal ini akan memberikan aura positif terhadap diri Anda, sehingga diri Anda pun jadi termotivasi lagi.
 
  • Melihat aktivitas teman.
Terkadang, melihat aktivitas yang dilakukan oleh teman-teman Anda di sosial media bisa memberikan inspirasi. Alih-alih sekedar mencari hal-hal yang akan memicu kreativitas Anda, meluangkan waktu untuk melihat aktivitas teman di sosial media bisa menjadi solusi mengusir mental block juga. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan cara ini, terutama bagi Anda yang mengalami mental block karena sering merasa insecure atau suka membandingkan diri dengan orang lain. Jadi, tetap hati-hati juga, ya.
 
  • Analisis ide orang lain.
Cobalah untuk menganalisis cara orang lain menghadapi masalah yang sama dengan Anda saat ini. Cari tahu apa yang membuat orang tersebut berhasil mengatasi masalahnya dan dari mana mereka memperoleh inspirasi. Lalu, barulah pelahan-lahan Anda buat dengan cara Anda sendiri dalam melakukan sesuatu atau dengan konsep yang berbeda. Hal ini akan membantu Anda keluar dari kondisimental block.
 
Inilah 7 cara efektif yang dapat mengatasi mental block. Jika semua upaya di atas masih belum membantu juga, ada baiknya Anda mengunjungi dokter psikolog atau psikiater untuk diobati lebih lanjut berdasarkan faktor pemicunya.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 10 September 20 - 09:48 WIB
Dalam Kategori : MENTAL BLOCK
Dibaca sebanyak : 26 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback