Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

7 Buah dan Sayur yang Dapat Mengatasi Kekurangan Vitamin C

7 Buah dan Sayur yang Dapat Mengatasi Kekurangan Vitamin C

 

VItamin C memang penting sekali bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin C, tentu bisa menyebabkan kondisi kesehatan terganggu. Pada kondisi yang parah, defisiensi vitamin C ini bisa menyebabkan kondisi scurvy. 

 

Tubuh yang mengalami kurangnya vitamin C biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan ascorbic acid atau vitamin C dalam tubuh. Selain itu, ada pula berbagai faktor lain seperti penyakit kejiwaan, usia tua, konsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang, mengalami enoreksia nervosa, kekurangan asupan buah dan sayuran, menderita alergi tertentu, menjalani cuci darah hingga menjalani diet yang berlebihan.

 

Makanan yang Dapat Mengatasi Kekurangan Vitamin C

Penanganan untuk pasien yang mengalami defisiensi vitamin C bisa dengan pemberian suplemen vitamin C yang disertai juga dnegan nutrisi dari makanan. Suplemen ini nantinya bisa dihentikan, sedangkan konsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin C harus tetap dilanjutkan. 

 

Sebenarnya, ada banyak sekali makanan yang menjadi sumber vitamin C. Sebut saja jambu biji, buah kiwi, paprika merah manis, jeruk, hingga lemon. Berikut beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin C sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang mengalami defisiensi vitamin C dalam tubuh.

  1. Jeruk

Buah jeruk memiliki rasa yang manis dengan rasa asam. Buah ini memang dikenal sebagai sumber vitamin C terbaik. Dalam satu buah jeruk yang berukuran sedang, memiliki kandungan vitamin C sebanyak 30 mg.

 

  1. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C yang bahkan lebih tinggi dibanding buah jeruk. Dalam satu buah kiwi mengandung 84 gram vitamin C. Ditambah kandungan antioksidan yang ada dalam vitamin C bisa membantu melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

 

  1. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C yang juga tidak kalah tinggi. Dalam 157 gram pepaya, terkandung 95,6 mg vitamin C. Bahkan jika pepaya dihancurkan dalam gelas, maka kandungan vitamin C di dalamnya bisa mencapai 140 mh. Sehingga pepaya memang baik dikonsumsi oleh semua orang. Apalagi kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya juga diperlukan oleh anak-anak.

 

  1. Brokoli

Sayur memang tidak disukai oleh semua orang. Namun, sayuran juga mengandung tinggi vitamin C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Lagipula, kesehatan tubuh juga tergantung pada makanan yang dikonsumsi. 

 

Brokoli termasuk salah satu sayuran yang mengandung tinggi sekali vitamin C. Dalam satu porsi brokoli, terkandung 132 gram vitamin C. Brokoli memang perlu hati-hati diolah agar nutrisi di dalamnya tidak hilang.

 

  1. Jambu Biji

Jambu biji juga termasuk buah-buahan yang baik dikonsumsi bagi penderita kekurangan vitamin C. Sebab, jambu klutuk mengandung tinggi vitamin C. Diperkirakan dalam satu jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin C. Ditambah lagi jambu biji juga tinggi serat sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan sebagainya.

 

  1. Buah Stroberi

Siapa sih yang tidak suka stroberi? Nah, buah yang tergolong keluarga beri ini juga tinggi vitamin C. Dalam 125 ml ekstrak stroberi, mengandung 52 mg vitamin C. Selain itu, buah stroberi ini diperkaya juga dengan zat antosianin dan asam lemak elagik. Mengonsumsi buah stroberi bisa membantu mencegah kanker dan penyakit saraf pada anak. Selain itu, stroberi juga diperkaya dengan antioksidan, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, kalium, fluor, yodium, serta zat besi.

 

  1. Paprika

Paprika biasanya digunakan sebagai makanan pelengkap. Meski rasanya tidak terlalu disukai oleh anak-anak, namun sayuran ini emngandung tinggi vitamin C. Dalam satu cangkir paprika merah yang sudah diiris mengandung 190,3 mg vitamin C. Sedangkan paprika hijau mengandung 119,8 mg vitamin C. 

 

Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin C memang bisa mengganggu fungsi tubuh. Sehingga penting sekali memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh. BIsa dengan mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C, atau disertai juga dengan konsumsi suplemen vitamin C.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 04 Maret 21 - 09:15 WIB
Dalam Kategori : KEKURANGAN VITAMIN C
Dibaca sebanyak : 63 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback