Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

6 Penyebab Kulit Kepala Berjerawat dan Cara Alami Mengatasinya

6 Penyebab Kulit Kepala Berjerawat dan Cara Alami Mengatasinya
Jerawat di kepala memang membuat rasa gatal namun ngilu ketika tersentuh. Kulit kepala berjerawat sangat mengganggu dan bikin resah. Yuk, cari tahu penyebab dan bahan alami untuk mengatasinya.
 
Munculnya jerawat di kepala ini memang kondisi yang umum terjadi. Keluhan ini menandakan bahwa adanya infeksi atau peradangan di sekitar folikel rambut seseorang.
 
Penyebab Kulit Kepala Berjerawat 
Jerawat tidak hanya muncul di kulit tubuh yang terlihat saja, namun juga muncul di kulit kepala. 
Penyebab jerawat di kulit kepala disebabkan oleh penyumbatan pori-pori karena folikel rambut, produksi minyak berlebihan, serta adanya penumpukan sel kulit mati.
 
Saat terjadinya penyumbatan pori-pori, maka bakteri akan mudah berkembang sehingga menyebabkan peradangan dan muncullah jerawat. Bakteri penyebab jerawat ini seperti Staphylococcus epidermidis dan juga Propionibacterium acnes. Selain bakteri, penyebab jerawat di kulit kepala adalah jamur dan tungau. Selain itu, ada pula penyebab lain yang membuat kult kepala berjerawat, seperti:
  • Rambut dan Kulit Kepala Tidak Bersih
Kebersihan rambut dan kulit kepala juga menjadi penyebab munculnya jerawat di kepala. Bilaslah rambut secara menyeluruh hingga tidak ada residu yang tertinggal seperti hairspray, gel rambut, dan produk perawatan rambut lainnya agar kulit kepala tidak berjerawat.
  • Hormon Tidak Seimbang
Ketidakseimbangan hormon atau adanya peningkatan hormon androgen bisa menyebabkan kulit kepala muncul jerawat. Jadi, hormon yang tidak seimbang saat menjelang masa pubertas, haid, dan kehamilan pun biasanya perempuan mengalami kulit berjerawat, termasuk di kepala.
  • Kulit Kepala Berkeringat
Area kulit kepala berkeringat dan tidak dibersihkan segera bisa menyebabkan munculnya jerawat. Terlebih jika rambut dibiarkan terlalu lama menggunakan jilbab, helm, topi, atau setelah berolahraga, maka biasanya rambut atau kulit kepala menjadi lembap karena keringat. Tentu saja akan menyebabkan bakteri mudah sekali untuk berkembang biak.
 
Jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja bersama sel-sel kulit mati, maka bisa menyebabkan munculnya jerawat di kulit kepala.
 
Produk Perawatan Rambut
Jerawat di kulit kepala juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut, seperti gel rambut, sampo, kondisioner, pomade, hairspray, dan produk lainnya. Kandungan dalam produk tersebut cenderung keras dan membuat pori-pori tersumbat. Dengan begitu, akan mudah menyebabkan kulit kepala berjerawat.
  • Stres
Meski tidak secara langsung, stres juga bisa menyebabkan kulit kepala berjerawat. Ketika Anda stres, kulit tubuh akan mudah sekali berjerawat. Bagi yang berjerawat sebelumnya, maka stres bisa memperburuk kondisi tersebut.
  • Makanan Indeks Glikemik Tinggi
Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kulit kepala berjerawat. Menurut penelitian, makanan dengan kandungan indeks glikemik yang tinggi berisiko meningkatkan gula darah dan membuat kondisi jerawat di kulit yang sudah ada menjadi semakin buruk. Adapun makanan dengan indeks glikemik yang tinggi ini adalah berupa karbohidrat seperti kentang, nasi, roti putih, hingga pasta putih.
 
Cara Mengatasi Kulit Kepala Berjerawat dengan Bahan Alami
Ada beberapa solusi untuk mengatasi kulit kepala berjerawat dengan menggunakan bahan alami, yaitu:
  • Lidah Buaya
Gel lidah buaya atau dikenal dengan aloe vera mengandung sifat antiinflamasi, antijerawat, serta bisa menyembuhkan kemerahan di kulit. Anda bisa mengoleskan sedikit gel lidah buaya langsung ke kulit kepala. Setelah 40 menit, cuci bersih kulit kepala dan rambut. anda bisa melakukan langkah ini secara rutin.
  • Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga mengandung antiinflamasi dan antimikroba. Anda cukup mengoleskan ke kulit kepala hingga ke rambut. Tunggu beberapa jam sebelum dibilas menggunakan sampo. Anda bisa melakukannya rutin dua kali seminggu.
  • Tea Tree Oil
Tea tree oil juga mengandung antiinflamasi sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat. Minyak tea tree ini berkhasiat melawan mikroba penyebab jerawat. 
 
Cara penggunaannya bisa dengan menambahkan tea tree oil ke kondisioner rambut. Oleskan ke rambut setelah menggunakan sampo biasa. Kemudian cuci bersih rambut dan kepala. Anda bisa melakukannya rutin tiga kali seminggu.
  • Peppermint dan Es Batu
Es batu dan peppermint juga bisa membantu kulit kepala berjerawat di kulit kepala. Apalagi daun mint terkenal bisa menjaga tubuh tetap dingin di musim panas.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 07 Januari 21 - 09:32 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN RAMBUT, PERAWATAN RAMBUT
Dibaca sebanyak : 84 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback