Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

6 Pengobatan Rumahan untuk Dry Socket

 6 Pengobatan Rumahan untuk Dry Socket
Pernahkah Anda merasa nyeri pada bagian gigi, ketika Anda melakukan cabut gigi dan gusi bolong setelah tindakan tersebut? Mungkin Anda mengalami dry socket. Dry socket atau soket kering atau osteitis alveolar adalah kondisi yang menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang terkadang terjadi setelah Anda melakukan pencabutan gigi. 
 
Hal tersebut dapat terjadi ketika gumpalan darah di lokasi ekstraksi terlepas, larut, atau tidak pernah berkembang sebelum penyembuhan. Hal ini dapat membuat ujung tulang dan saraf Anda terbuka. Hal ini juga memungkinkan luka tersebut terisi makanan atau puing-puing, serta menyebabkan infeksi. Lalu bagaimana mengobatinya?

Gejala dry socket
Sebelum beranjak pada bagaimana cara mengobatinya, berikut ada beberapa gejala atau tanda yang meliputi kondisi ini, seperti:
  • Sakit atau nyeri yang parah, yang dapat menyebar dari soket (ruang kosong) ke telinga, mata, pelipis, atau leher 
  • Melihat soket kosong 
  • Tulang terisi soket kosong
  • Bau mulut atau rasa tidak enak di mulut Anda
Penyebab dry socket masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, penyebab paling umum biasanya terjadi karena:
  • Infeksi bakteri
  • Pencabutan yang sulit atau rumit, seperti gigi bungsu yang mengalami impaksi
  • Trauma di tempat operasi
Anda paling berisiko terkena dry socket jika Anda:
  • Merokok 
  • Minum pil kontrasepsi atau pil KB
  • Tidak melakukan perawatan luka yang tepat
Pengobatan ala rumahan untuk dry socket
Beberapa perawatan berbeda biasanya diberikan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut Anda. Namun, Anda dapat melakukan beberapa perawatan rumahan untuk meringankan gejala yang ditimbulkan. Seperti:
  • Air garam hangat
Bahkan jika dokter bedah Anda telah memberikan obat, Anda tetap bisa menggunakan air garam hangat ini untuk membilas area yang terkena satu kali sehari. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan mengurangi atau mencegah infeksi lebih lanjut. 
  • Kompres dingin dan panas
Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk wajah Anda setelah dilakukan tindakan pencabutan gigi 24 jam pertama, kompres paling tidak selama 15 menit yang berguna untuk mengurangi pembengkakan. Setelah itu, Anda bisa menggunakan kompres air hangat atau panas untuk meredakan nyeri. 
 
Panas akan sangat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh dry socket, meskipun begitu kompres dingin dapat membantu saraf Anda mati rasa dengan lebih efisien. Anda bisa memilih mana kompres yang cocok untuk Anda, dingin atau panas untuk diletakkan pada pipi Anda yang sakit. 
  • Madu
Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik. Sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa membalur mau pada lokasi dry socket untuk menghasilkan penurunan yang signifikan pada peradangan, edema, nyeri, dan ketidaknyamanan. Hal ini juga menunjukkan bukti mencegah infeksi lebih lanjut. Anda dapat menaruh madu di atas kain kasa steril dan letakkan langsung di area yang terkena. Ganti kain kasa setiap beberapa jam jika Anda terus memakainya. 
  • Teh hitam
Teh hitam mengandung asam tannic yang bertindak sebagai agen antibakteri alami sekaligus mengurangi pembengkakan dan nyeri. Untuk menggunakan cara ini, celupkan kantong teh ke dalam secangkir air mendidih selama lima menit. Keluarkan dan peras kelebihan air setelah dingin. Lalu dinginkan kantong teh agar lebih efektif di lemari es, bukan freezer. Setelah dingin, gigit kantung teh dengan lembut dan biarkan selama 15 menit. 
  • Tea tree oil
Tea tree oil memiliki antiseptik, antibakteri, dan analgesik yang membuatnya menjadi obat alami yang populer. Gunakan tea tree oil pada kain kasa dan letakkan pada dry socket. Anda dapat memberikan kain kasa satu atau dua tetes tea tree oil untuk mengurangi risiko iritasi. 
  • Teh kamomil
Kamomil memiliki sifat antioksidan yang dapat menyembuhkan. Manfaat anti peradangannya dapat segera membantu meredakan pembengkakan dan nyeri akibat dry socket. Anda dapat menggunakan kantong teh kamomil seperti yang dilakukan pada teh hitam. Cara menggunakannya pun sama dengan apa yang dilakukan pada teh hitam. 
 
Dry socket bisa sangat menyakitkan setelah tindakan dilakukan. Segera setelah gejala muncul, Anda sudah harus mendapatkan pengobatan, baik dengan obat ataupun pengobatan rumahan seperti di atas. Namun, jika Anda menggunakan perawatan rumahan di atas, ada baiknya untuk tetap mengonsultasikan hal tersebut pada dokter apakah perawatan tersebut aman untuk Anda atau tidak. Selamat mencoba! 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 02 November 20 - 10:26 WIB
Dalam Kategori : SAKIT GIGI, ABSES GUSI
Dibaca sebanyak : 532 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback