Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

6 Kelebihan Hidup Sendiri yang Jarang Terungkap

6 Kelebihan Hidup Sendiri yang Jarang Terungkap

 

Hidup sendiri kerap diidentikkan dengan suasana sepi yang membosankan. Karena itu, banyak orang pun menjadi ragu untuk memutuskan guna hidup sendiri atau tidak. Mungkin Anda termasuk di antara orang yang sedang galau untuk memilih hidup sendiri atau tetap bersama keluarga. 

Namun sebenarnya di balik kesan sepi dan membosankan, banyak kelebihan hidup sendiri yang jarang terungkap ke publik. Keuntungan-keuntungan tersebut akan sulit Anda peroleh jika masih memilih hidup bersama keluarga besar. 

Apa saja sebenarnya kelebihan hidup sendiri? Berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan yang bisa Anda peroleh ketika pindah ke hunian sendiri tanpa seorangpun yang menemani. 

  1. Mengasah Keterampilan Baru 

Kelebihan hidup sendiri yang satu ini sering tidak disadari. Namun nyatanya, orang-orang yang sudah menjalani hidup sendiri pada akhirnya akan memiliki segudang keterampilan baru yang tadinya tidak ia punya ketika hidup bersama keluarga maupun teman-teman dalam satu hunian. Anda pun sangat mungkin mengalaminya. Entah bagaimana caranya, Anda menjadi mudah untuk membuka kaleng sarden sendiri, mengganti bohlam lampu sendiri, juga memasak tentunya! Beragam keterampilan ini muncul karena Anda tidak bisa lagi mengandalkan orang lain sehingga terlatih lebih mandiri mengerjakan berbagai hal. 

 

  1. Privasi Terjaga 

Ingin menemukan privasi menjadi alasan kebanyakan orang memutuskan hidup sendiri di hunian baru. Pasalnya ketika tinggal bersama keluarga, ada saja privasi Anda yang terusik. Kamar yang dimasuki adik tanpa izin, buku-buku yang diambil oleh kakak tanpa persetujuan, sampai orang tua yang mengorek berbagai kegiatan Anda. Pada akhirnya, semua itu tidak akan terjadi lagi pada Anda ketika sudah mantap berpindah ke hunian lain seorang diri. 

 

  1. Keputusan Pribadi Mutlak 

Ketika hidup bersama orang lain dalam satu hunian, kompromi menjadi kunci untuk hidup damai tanpa pertengkaran. Alhasil, berbagai keputusan pun tidak bisa Anda ambil seorang diri karena bisa menyangkut kepentingan penghuni lain. Kelebihan hidup sendiri adalah bebas dari kata kompromi ini. Segala yang Anda inginkan, bisa Anda putuskan secara mutlak tanpa pertimbangan orang lain. Jika menguntungkan, itu kesenangan bagi Anda. Jika merugikan, Anda pun mesti menanggungnya seorang diri. 

 

  1. Bebas Mendekorasi 

Saat tinggal bersama orang lain, Anda mungkin terbatas melakukan dekorasi pada hunian tersebut karena takut dikomentari atau tidak disetujui oleh penghuni lain. Namun ketika hidup sendiri, Anda bisa bebas berekspresi! Mau membuat suasana interior bergaya kontemporer atau minimalis? Bebas! Mau memasang wallpaper atau sekadar mengecatnya? Semua terserah Anda!

 

  1. Lebih Tenang dan Fokus 

Saat ini, rumah bukan hanya sebagai tempat istirahat selepas Anda beraktivitas di luar. Rumah juga kerap menjadi area bekerja di luar kantor. Kelebihan hidup sendiri adalah suasana hunian menjadi lebih tenang karena tidak ada usikan suara orang lain. Anda pun akan lebih fokus mengerjakan berbagai kegiatan Anda. 

 

  1. Biaya Hidup Turun 

Kelebihan hidup sendiri ini mungkin belum terpikir oleh Anda. Namun percayalah, biaya hidup Anda akan menjadi murah ketika memilih hidup sendiri. Pasalnya, Anda hanya perlu mencukupi kebutuhan dan tujuan pribadi Anda. Tidak perlu lagi memikirkan kebutuhan penghuni lain di dalam rumah. Orang-orang yang hidup sendiri umumnya juga memiliki biaya tagihan yang lebih sedikit karena kebutuhan untuk lampu yang menyala serta air juga menurun. 

*** 

Bagaimana, banyak bukan kelebihan hidup sendiri yang mungkin belum Anda sadari selama ini? Jadi, tidak perlu ragu untuk hidup sendiri jika Anda memang telah siap, ya.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 28 Januari 21 - 09:53 WIB
Dalam Kategori : KELEBIHAN HIDUP SENDIRI
Dibaca sebanyak : 186 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback