Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

5 Olahan dari Tepung Tapioka, Tapi Jangan Konsumsi Berlebihan!

5 Olahan dari Tepung Tapioka, Tapi Jangan Konsumsi Berlebihan!
Siapa yang suka makan cilok? Nah, tahukah kamu bahwa makanan cilok kesukaan Anda itu terbuat dari tepung tapioka atau disebut juga tepung kanji.
Jadi, tepung tapioka ini merupakan ekstrak umbi singkong yang memiliki tekstur terasa lebih licin di tangan. Selain diolah menjadi berbagai macam kudapan, tepung tapioka juga biasanya digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih kental.
Tepung tapioka memang menjadi populer karena menjadi alternatif pengganti gandum dan bebas gluten (gluten free).
Tepung Tapioka dan Kesehatan
Seperti yang diketahui bahwa tapioka berasal dari ekstrak singkong. Jelas bahwa hampir sebagian besar kandungan tepung ini adalah karbohidrat. Sayangnya, hanya sedikit kandungan protein, serat, dan juga lemak yang terkandung di dalamnya.
Kandungan karbohidrat dalam tepung tapioka memang bisa menjadi sumber energi. Akan tetapi di dalamnya tidak ada nutrisi esensial lainnya. Justru, ketika tepung ini tidak diolah dengan baik, dapat memberikan efek buruk bagi tubuh, yaitu:
  1. Menyebabkan Keracunan
Umbi singkong yang merupakan bahan dasar pembuat6 tepung tapioka mengandung zat linamarin. Zat ini bisa berubah menjadi hidrogen sianida saat masuk dalam tubuh, yang dapat menyebabkan seseorang keracunan sianida.
  1. Nutrisi Rendah
Di kebanyakan negara berkembang yang menjadikan singkong sebagai makanan pokok, biasanya mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Sebab, kandungan nutrisi dan protein yang terkandung di dalam singkong tidak mencukupi kebutuhan harian tubuh.
  1. Alergi
Mengkonsumsi tepung tapioka juga berpotensi membuat seseorang mengalami alergi. Sebab, ada saat di mana saat mengkonsumsi tepung tapioka, tubuh mengira zat dalam tepung singkong tersebut sebagai alergen. Kondisi ini dalam dunia medis disebut latex-fruit syndrome.
Ide Olahan Makanan dengan Tepung Singkong
Meski tepung tapioka disebut tidak mengandung banyak nutrisi lain, Anda bisa mengakali dengan mencampurnya dengan tepung yang lebih bernutrisi atau bahan lain saat mengolahnya. Jadi tidak hanya mengolah tepung kanji ini saja.
Berikut beberapa jenis makanan olahan dengan bahan dasar tepung tapioka yang bisa Anda coba.
  • Kue Lapis
Jajanan tradisional ini biasanya banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional. Kue lapis memiliki bentuk yang menarik karena berwarna-warni sehingga membuat siapa saja langsung ingin mencicipinya. Rasanya yang lembut dan manis membuat siapa saja suka.
  • Pempek
Makanan khas kota Palembang ini menggunakan tepung tapioka dan dicampur dengan bahan dasar lain seperti ikan giling dan bumbu-bumbu. Adonan kemudian diuleni hingga kalis lalu dibentuk dan digoreng. Pempek dimakan dengan kuah cuko dan irisan timun yang segar.
  • Cireng
Cireng alias aci goreng mungkin sudah populer dan menjadi cemilan yang banyak diminati. Tekstur luar cireng crunchy dan bagian dalam yang kenyal dan empuk dijamin membuat siapapun akan ketagihan memakannya. Ada berbagai kreasi cireng, seperti rujak cireng, keripik cireng, dan kreasi-kreasi cireng lainnya.
  • Cenil
Mungkin Anda jarang mendengar nama cenil dan juga jarang menemui jajanan tradisional ini di wilayah perkotaan. Cenil juga terbuat dari tepung tapioka. Biasanya dijual bersamaan dengan lupis, ketan, dan jajanan tradisional lainnya. Cenil memiliki tekstur yang kenyal dan dita,bah parutan kelapa kemudian disiram cairan gula merah. Nikmat sekali!
  • Cilok
Jajanan yang satu ini sudah begitu populer. Cilok terbuat dari tepung tapioka dan dibentuk bulat-bulat. Sekarang, cilok bahkan dikreasikan dalam berbagai varian isi, mulai dari ayam suwir, cabe rawit, hingga keju mozzarella. Sehingga makin menarik.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 24 September 20 - 06:11 WIB
Dibaca sebanyak : 48 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback