Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

5 Alasan Orang Mau Merokok Teh Hijau

5 Alasan Orang Mau Merokok Teh Hijau
 
Pernahkah Anda melihat orang merokok teh hijau? Yaps, teh hijau yang biasanya diminum langsung kini telah dimanfaatkan sebagian orang sebagai rokok. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan merokok pada umumnya. Anda cukup menggulung sedikit daun teh atau taruh teh ke dalam pipa rokok. Jika teh yang tersedia dalam bentuk teh kantong, buka kantong teh dan ikuti prosedur yang sama dengan sebelumnya.
 
Sebenarnya, manfaat rokok teh hijau belum teruji secara klinis. Lain halnya dengan manfaat teh hijau yang dikonsumsi langsung yang sudah banyak diteliti dan diuji secara klinis. Hanya saja, beberapa ahli akupuntur meyakini bahwa rokok teh hijau dapat mengatasi kecanduan merokok.
 
Seperti yang diketahui, rokok biasa yang terbuat dari tembakau mengandung senyawa nikotin. Senyawa inilah yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan dan susah menghilangkan kebiasaan merokok. Berikut 5 alasan yang akhirnya membuat orang-orang tertarik merokok teh hijau.
 
  • Mengurangi kecemasan.
Beberapa orang yang menggunakan rokok teh hijau merasa tidak terlalu cemas jika berada dalam kondisi tertentu. Perasaan cemas bisa berkurang karena efek dari rokok teh tersebut. Hal ini diduga berkaitan dengan senyawa asam amino pada teh, yaitu L-theanine. Studi dalam Journal of Nutritional Neuroscience menunjukkan senyawa ini memiliki efek dalam mengurangi kecemasan yang berinteraksi dengan reseptor neurotransmitter di otak.
 
Hanya saja, dalam penelitian tersebut, teh hijau diminum secara langsung. Sementara itu, merokok teh hijau bisa juga memiliki efek serupa berdasarkan pengalaman orang yang pernah menggunakannya. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan senyawa L-theanine dapat diserap atau tidak melalui merokok.
 
  • Meningkatkan kemampuan kognitif.
Pengaruh rokok teh hijau juga dirasakan dalam peningkatan kemampuan kognitif ringan, seperti meningkatkan daya ingat, fokus, kemampuan belajar, dan fungsi mental secara keseluruhan.
 
Menurut penelitian Camfield et al. (2014), ada hubungan antara kombinasi senyawa L-theanine dan kafein dalam peningkatan kemampuan kognitif seseorang. Lagi-lagi, penelitian ini hanya menguji pada minuman atau ekstrak teh hijau, bukan rokok teh hijau.
 
  • Membantu metabolisme tubuh yang lebih baik.
Minuman teh hijau terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan metabolisme, membakar lemak, dan membantu penurunan berat badan. Merujuk pada Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, penggunaan suplemen ekstrak teh hijau yang kaya katekin, yaitu antioksidan kuat dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan efek antioksidan tersebut bisa dirasakan dengan cara menghisapnya.
 
  • Sebagai pengganti rokok yang lebih sehat.
Beberapa ahli akupuntur di Vietnam yang menangani orang ingin berhenti merokok merekomendasikan penggunaan rokok teh hijau. Alhasil, beberapa orang beralih ke rokok teh ini untuk membantunya berhenti merokok.
 
Rokok teh hijau yang bisa menggantikan posisi rokok biasa dianggap sebagai rokok yang sehat. Hal ini disebabkan rokok teh tidak mengandung senyawa nikotin yang menyebabkan ketergantungan seperi rokok tembakau. Sekali lagi, belum ada penelitian secara ilmiah yang membuktikan bahwa rokok teh hijau lebih sehat atau menguji manfaat merokok teh pada orang-orang yang kecanduan.
 
  • Meningkatkan energi tubuh.
Senyawa lain yang dipertimbangkan orang-orang saat merokok teh hijau adalah kafeinnya. Senyawa ini dapat membuat Anda lebih bersemangat dan berenergi kembali, terutama ketika mengantuk ataupun mood swing.
 
Merokok dapat menyerap kafein lebih cepat dibandingkan konsumsi langsung. Hanya saja, Anda berisiko mengalami gejala overdosis kafein, seperti pusing, cemas berlebihan, mual, dan muntah.
 
Inilah 5 alasan yang membuat orang-orang beralih menggunakan rokok teh hijau. Terlepas dari manfaatnya yang hanya dibuktikan secara empiris ini, Anda tetap harus berhati-hati. Efek samping dari menghirup apapun yang dibakar tidak boleh Anda abaikan begitu saja, karena berisiko menyerang paru-paru dan jantung. Jadi, apapun bentuknya itu, merokok tetaplah memiliki risiko kesehatan yang sebaiknya Anda hindari.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 11 Agustus 20 - 15:52 WIB
Dalam Kategori : ROKOK TEH HIJAU
Dibaca sebanyak : 114 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback