Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

4 Kebiasaan untuk Terhindar dari Penyakit Degeneratif

4 Kebiasaan untuk Terhindar dari Penyakit Degeneratif
Banyak cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit degeneratif. Penyakit yang termasuk dalam kelompok penyakit degeneratif ini ialah diabetes melitus tipe 2, stroke, hipertensi, dislipidemia, penyakit kardiovaskuliar, dan lain-lain.
 
Penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan yang mana organ atau jaringan tubuh terkait keadaannya akan terus menurun seiring waktu. Penyakit ini muncul karena perubahan pada sel-sel tubuh yang akhirnya memengaruhi fungsi organ secara menyeluruh.
 
Proses penuaan menjadi penyebab yang paling umum untuk penyakit degeneratif ini. Ya, semakin bertambah usia, maka fungsi jaringan dan organ tubuh pun akan semakin mengalami penurunan. Maka dari itu, orang lanjut usia lebih mungkin mengalami berbagai jenis penyakit degeneratif dibandingkan dengan orang yang lebih muda.
 
Meski begitu, penyakit satu ini juga bisa dialami oleh semua kalangan tanpa memandang usia. Perlu diketahui bahwa sebagian besar penyakit degeneratif muncul akibat pertambahan usia, bukan akibat virus atau bakteri. Gaya hidup yang buruk juga jadi salah satu risiko terjadinya penyakit ini.
 
Faktor gaya hidup yang meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut tergolong beragam. Bagi kamu yang gemar mengonsumsi makanan tidak sehat, malas bergerak atau berolahraga, dan memiliki kebiasaan yang mengganggu kesehatan, lebih berisiko untuk terkena penyakit degeneratif. Kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan, antara lain adalah merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
 
Sebenarnya, cara yang paling efektif untuk menghindari berbagai macam penyakit ialah menjalani pola hidup sehat. Untuk memulai hidup sehat bisa diawali dari kebiasaan kecil. Lalu, kebiasaan apa saja yang bisa menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit degeneratif?
Berikut kebiasaan yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit degeneratif dilansir dari HealthMonitor.
1. Menggunakan piring yang lebih kecil
Beberapa penelitian membuktikan bahwa menggunakan piring yang lebih besar, dapat membuat banyak orang cenderung makan lebih banyak. Maka dari itu, gunakanlah piring dengan ukuran lebih kecil untuk mengontrol porsi makanmu.
Dengan begitu kamu bisa terhindar dari kegemukan dan dapat terhindar pula dari penyakit degeneratif. Sebab, obesitas akan menaikkan risiko orang menderita penyakit tersebut.
2. Mengonsumsi biji bunga matahari
Jika seringkali mengalami sembelit, yang masalah umum untuk orang dengan diabetes, maka cobalah mengonsumsi biji bunga matahari. Biji bunga matahari dikemas dengan serat dan merupakan sumber protein yang baik. Dengan memilih biji matahari tanpa garam, maka juga dapat aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.
Menurut hasil penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, biji bunga matahari terbukti membantu menurunkan kolesterol. Selain mengonsumsi biji bunga matahari juga sebaiknya disertai makanan sehat lainnya.
3. Luangkan waktu untuk melakukan teknik pernapasan untuk meredakan kecemasan
Stres dapat memperburuk kondisi penyakit degeneratif. Meredakan kegelisahan, kecemasan, atau stres dapat dengan teknik pernapasan. Teknik pernapasan tersebut dapat dilakukan dengan cara, antara lain:
a. Tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan.
b. Tahan selama 7 hitungan.
c. Buang napas melalui mulut selama 8 hitungan.
4. Berpikir positif
Dengan fokus memikirkan hal negatif yang belum tentu terjadi dapat membuat seseorang merasa gelisah atau cemas. Maka dari itu untuk menghindari kecemasan dan kegelisahan, atau bahkan stres, tidak ada salahnya untuk selalu berpikir positif.
Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu terhindar dari penyakit degeneratif. Yang perlu diingat ialah penyakit degeneratif ini bisa menyerang siapa pun tanpa pandang bulu. Mulai dari balita hingga lanjut usia, wanita maupun laki-laki, bahkan mereka yang gaya hidupnya cukup sehat.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 31 Desember 19 - 11:54 WIB
Dalam Kategori : PENYAKIT
Dibaca sebanyak : 126 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback