Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

4 Akibat Jika Anda Kekurangan Vitamin untuk Mata

4 Akibat Jika Anda Kekurangan Vitamin untuk Mata
 
Setiap bagian tubuh kita bekerja secara sistemik untuk bisa melakukan fungsinya masing-masing. Mata adalah bagian kompleks yang bekerja untuk penglihatan Anda. Jika organ ini mengalami kerusakan, maka penglihatan Anda akan ikut terganggu. Salah satu hal yang mendukung fungsi organ ini bekerja optimal adalah vitamin. Terpenuhinya kecukupan vitamin untuk mata akan membuat penglihatan Anda tetap sehat. Lalu, apa akibatnya jika kita mengalami kekurangan vitamin untuk mata?
 
Inilah akibatnya jika Anda kekurangan vitamin untuk mata.
Vitamin yang mendukung kesehatan mata adalah vitamin A, B, C, E, asam lemak omega-3, dan beberapa senyawa karotenoid, seperti lutein dan zeaxanthin. Beberapa gangguan atau penyakit dapat terjadi jika tubuh mengalami kekurangan vitamin untuk mata, yaitu:
 
1.    Xerophthalmia.
Xerophthalmia merupakan penyakit mata progresif yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin untuk mata ini dapat mengeringkan saluran air mata dan organ mata Anda. Xerophthalmia bisa berkembang menjadi rabun senja atau kerusakan yang lebih serius pada lapisan kornea. Kerusakan ini dapat berupa bintik-bintik putih pada mata dan adanya borok pada kornea mata. Xerophthalmia biasanya dapat diobati dengan pemberian terapi vitamin A. Terapi ini dapat mengurangi peradangan, melindungi lapisan kornea mata, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan membantu penglihatan saat malam menjadi lebih baik.
 
2.    Retinopati diabetik.
Retinopati diabetik sering dialami oleh penderita diabetes mellitus tipe 2. Hal ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah di bagian retina mata. Pembuluh darah ini bisa saja membengkak dan bocor, bahkan bisa menutup, sehingga aliran darah ke mata jadi terhenti. Akibatnya, penglihatan Anda jadi terganggu.
 
Dikutip dari Life Extension, The Science of Healthier Life, kombinasi vitamin B12, asam folat, dan vitamin B6 dapat mengurangi pembengkakan retina dan meningkatkan sensitivitas cahaya pada individu dengan retinopati diabetik. Selain itu, benfotiamine, turunan dari vitamin B1, dapat membantu memerangi efek glikasi pada retina. Vitamin untuk mata lainnya yang dapat mengatasi dan menurunkan risiko retinopati diabetik adalah vitamin A dan kerotenoid.
 
3.    Degenerasi makula terkait usia.
Degenerasi makula terkait usia atau Age-Related Macular Degeneration (AMD) merupakan penyakit mata yang dapat memburuk seiring waktu. Penyakit ini adalah penyebab utama orang yang berusia 60 tahun ke atas mengalami gangguan penglihatan yang parah dan permanen. AMD terjadi ketika bagian kecil di tengah retina, yang disebut makula, mengalami kerusakan. Retina adalah lapisan yang sangat tipis dan sensitif cahaya yang terletak di bagian belakang bola mata. Sebuah studi tentang AREDS (Age-Related Eye Disease Study) yang dilakukan oleh National Eye Institute of the National Institutes of Health, menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin untuk mata, seperti vitamin C dan E, beta-karoten, seng, dan tembaga dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan pada beberapa orang dengan AMD.
 
4.    Katarak.
Katarak merupakan kondisi pengaburan lensa mata yang biasanya jernih menjadi kurang jernih. Kondisi ini akan membuat penderitanya kesulitan saat membaca, mengendarai mobil (terutama di malam hari), atau melihat ekspresi di wajah seseorang. Seringnya, katarak berkembang secara perlahan hingga akhirnya mengganggu penglihatan Anda.Diet yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah risiko katarak, termasuk pemenuhan vitamin untuk mata. American Optometric Association melaporkan bahwa antioksidan dari vitamin C dan E dapat menurunkan perkembangan katarak.
 
Inilah 4 risiko penyakit yang dapat Anda alami jika kekurangan vitamin untuk mata. Oleh sebab itu, penuhilah asupan vitamin Anda untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, memenuhi kebutuhan vitamin berperan penting terhadap fungsi kerja sistem tubuh Anda yang lebih baik. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 23 Juli 20 - 16:42 WIB
Dalam Kategori : VITAMIN UNTUK MATA
Dibaca sebanyak : 43 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback