Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

3 Cara Mengatasi Salah Bantal yang Terbukti Manjur

3 Cara Mengatasi Salah Bantal yang Terbukti Manjur
Mungkin Anda pernah merasakan sakit leher saat bangun tidur. Leher sulit digerakkan ke kanan atau ke kiri, terasa nyeri dan kaku, bahkan nyerinya bisa terasa sampai ke bahu. Gangguan in sering disebut dengan salah bantal.
Sebetulnya masalah salah bantal ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun, tentu saja selama merasakan keluhan tersebut, aktivitas Anda menjadi terbatas, sebab setiap digerakkan leher akan terasa sakit. Jadi, bagaimana cara mengatasi salah bantal? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.
Cara mengatasi salah bantal
Istilah salah bantal tentu hanya sebutan yang beredar di masyarakat untuk kondisi nyeri leher pasca bangun tidur. Dalam dunia medis sendiri, kondisi tersebut dikenal dengan muscle strain, otot ditarik atau otot yang tegang.
Adapun yang dimaksud dengan salah bantal oleh kebanyakan orang adalah suatu kondisi di mana otot Anda teriritasi atau robek. Hal ini sering kali disebabkan oleh kelelahan atau penggunaan otot yang tidak tepat. Akibat adanya ketegangan pada otot, timbul rasa sakit dan gerak otot menjadi terbatas. Otot bagian mana pun dapat mengalami hal ini, namun muscle strain paling umum terjadi pada punggung bagian bawah, leher, serta bahu.
Beberapa cara mengatasi salah bantal di bawah ini dapat Anda coba, bila Anda mengalami muscle strain.
1. Memperbaiki posisi tidur
Langkah ini memang sangat perlu Anda lakukan. Sebab penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau leher dan kepala bertahan pada posisi yang sama terlalu lama saat tidur, sering kali menjadi pemicu utama nyeri leher.
Jika Anda menggunakan bantal yang terlalu tinggi atau berada pada satu posisi terlalu lama, maka keesokan harinya, Anda bangun dengan kondisi leher yang sangat tidak nyaman. Ini juga alasan kenapa ketegangan pada otot leher sering disebut salah bantal.
Cobalah lakukan beberapa tips di bawah ini untuk memperbaiki posisi tidur:
- Tidur di atas kasur yang rata.
- Menggunakan bantal leher atau bantal yang tidak terlalu tinggi.
- Tidur dengan posisi telentang atau miring.
- Melakukan relaksasi sebelum tidur.
Idealnya bila telah memperbaiki posisi tidur, Anda akan terbebas dari salah bantal atau muscle strain.
2. Mengompres leher
Mengompres leher diyakini sebagai cara mengatasi salah bantal yang ampuh. Anda dapat mengompres leher dengan es batu atau air hangat.
Es batu dapat meredakan pembengkakan pada otot, bila memang ada pembengkakan, serta dapat meredakan nyeri. Jika Anda memilih untuk mengompres dengan menggunakan es batu, sebaiknya tidak menaruh es batu langsung ke kulit, tetapi dilapisi oleh kain atau handuk.
Setelah es batu dibungkus kain atau handuk, letakkanlah pada bagian leher yang sakit. Lakukan hal ini sekitar 20 menit, dan sebaiknya diulang setiap jam pada hari pertama keluhan nyeri leher terasa.
Sementara itu, bila Anda memilih kompres air hangat, Anda juga dapat menggunakan kain atau handuk bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat. Peras kain atau handuk tersebut, lalu tempelkan pada bagian yang sakit selama 20 menit.
Anda juga dapat mandi di bawah kucuran air hangat. Hal ini dianggap salah satu cara mengatasi salah bantal yang juga efektif.
3. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit
Bila rasa nyeri atau sakit yang timbul terasa berat dan Anda membutuhkan bantuan obat, Anda dapat konsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat penahan nyeri seperti asam mefenamat atau obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, mungkin dapat menjadi pilihan.
Tapi, perlu diingat bahwa cara mengatasi salah bantal yang satu ini tidak boleh sembarangan dilakukan. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter atau apoteker di apotek, sebelum mengonsumsi obat-obatan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 18 Februari 20 - 14:25 WIB
Dalam Kategori : SALAH BANTAL
Dibaca sebanyak : 68 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback