Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

10 Alasan Manfaat Menangis yang Baik untuk Anda

 10 Alasan Manfaat Menangis yang Baik untuk Anda
Menangis adalah respon alami yang dimiliki manusia terhadap berbagai emosi, termasuk kesedihan, kegembiraan, dan frustasi. Tetapi, apakah menangis memiliki manfaat yang baik untuk Anda? 
 
Menangis sering kali membuat individu merasa rentan dan kadang-kadang bahkan putus asa atau lemah. Dan, manfaat menangis disebut-sebut baik untuk kesehatan seseorang yang berbeda yang mungkin menyebabkan beberapa orang berpendapat bahwa kita harus lebih sering menangis. 
 

Mengapa menangis baik untuk Anda?

Menangis bukan hanya respon manusia terhadap kesedihan dan frustasi saja, tetapi juga sehat. Ini adalah cara alami untuk menghilangkan stres yang jika dibiarkan dapat menimbulkan efek fisik yang negatif pada tubuh, termasuk peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan gangguan terkait stres lainnya. Selain manfaat fisik, penelitian menunjukkan bahwa 85% wanita dan 73 persen pria merasa tidak terlalu sedih dan marah setelah meneteskan air mata.
 

Manfaat menangis bagi kesehatan

  • Menangis dapat menurunkan tekanan darah
Menangis diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan denyut nadi segera setelah sesi terapi di mana pasien menangis dan mengeluarkan cairan. Tekanan darah tinggi dapat merusak jantung dan pembuluh darah serta berkontribusi pada stroke, gagal jantung dan bahkan demensia. 
  • Meredakan stres
Stres yang kronis dapat meningkatkan risiko serangan jantung, merusak area tertentu di otak, berkontribusi pada masalah pencernaan seperti maag, dan menyebabkan sakit kepala tegang dan migrain. Beberapa masalah tersebut dapat dapat diatasi dengan menangis. Dalam hal teknik pengurangan stres dengan menangis, teapi tangisan dapat memberikan pelepasan sementara. 
  • Menangis membantu kita terikat dengan orang lain
Anda mungkin berpikir bahwa menangis akan membuat seseorang menjauh, tetapi sebaliknya, para ahli mengatakan bahwa fungsi menangis sebenarnya adalah untuk mendekatkan kita.
 
Menangis membantu kita untuk terikat secara interpersonal dan bertindak sebagai cara untuk berkomunikasi secara nonverbal dengan orang lain. Dengan menangis dapat meningkatkan kemampuan kita untuk berkomunikasi pada tingkat yang lebih tinggi. Ini membantu kami mengomunikasikan keinginan kami untuk membantu, koneksi, atau berbagi momen dengan orang lain, baik kesedihan atau kegembiraan. 
  • Membantu tubuh Anda bangkit kembali dari trauma
Emosi dan hormon Anda secara intrinsik terhubung. Reaksi emosional terhadap peristiwa mengirim hormon ke seluruh tubuh Anda, dan menangis adalah cara tubuh dan pikiran Anda untuk menyeimbangkan kembali setelah guncangan fisik atau emosional. 
  • Menenangkan rasa sakit fisik
Jangan malu untuk menangis saat Anda patah tulang atau tangan Anda terbakar. Penelitian telah menemukan bahwa saat Anda menangis, tubuh melepaskan hormon perasaan senang, seperti oksitosin, yang meningkatkan toleransi rasa sakit dan menimbulkan rasa ketenangan dan keduanya sangat membantu dalam mengatasi rasa sakit.
  • Menangis adalah bagian alami dari proses penyembuhan
Saat Anda membiarkan air mata mengalir, sering kali hal tersebut merupakan proses yang juga bisa melepaskan perasaan Anda menjadi lebih baik. Menangis dapat melepaskan hormon perasaan senang dan membantu tubuh dan pikiran kembali normal, jadi ini cara alami untuk mengubah suasana hati dalam proses penyembuhan tersebut.
  • Membersihkan saluran hidung Anda
Ketika seseorang menangis, mereka juga menyumbat saluran hidung mereka dan oleh karena itu, harus membersihkannya, terkadang dengan tisu. Hal ini cukup bermanfaat mengingat meniup hidung dapat membersihkan saluran hidung dan menghilangkan zat asing. 
  • Dapat mencegah depresi
Kebanyakan orang menangis terlalu sedikit dan akhirnya menekan kesedihan, yang dapat menyebabkan depresi. Menangis yang cukup atau terkadang dengan sedikit berteriak dapat membuat seseorang menjadi lebih baik dan mencegah seseorang depresi. 
  • Membuat tidur lebih nyenyak
Meskipun terdengar kejam bagi beberapa orang tua, penelitian menunjukkan bahwa membiarkan bayi menangis sebenarnya dapat membantu mereka tidur lebih nyenyak dan untuk jangka waktu yang lebih lama. Meskipun masih belum diketahui apakah menangis memiliki efek pemicu tidur yang sama pada orang dewasa, menarik kesimpulan itu tidak berlebihan , mengingat efek menangis yang menenangkan dan menghilangkan stres. 
  • Membantu Anda tetap sehat
Manfaat menangis lainnya dapat menurunkan kadar kortisol dan mengurangi stres, sehingga sebenarnya dapat melindungi Anda dari sakit atau cedera. Tubuh manusia jauh lebih rentan terhadap hal-hal seperti pilek dan flu saat sedang stress. Tetapi dengan menangis, Anda sebenarnya membantu tubuh Anda dan menjaganya tetap sehat.
 
Mengingat manfaat menangis yang begitu baik, ada baiknya untuk tidak menahan tangis jika memang Anda menginginkannya. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 10 Maret 21 - 15:05 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN MENTAL
Dibaca sebanyak : 176 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback